fbpx

Cara Sederhana Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa

0

Rentfix.com – Menjalani ibadah puasa terkadang membuat sebagian kalangan yang menjalani merasa lemas dan cepat mengantuk. Meski demikian, ada berbagai trik yang bisa dilakukan agar bisa tetap segar dan sehat selama berpuasa. Seorang dokter yang juga kreator aktif di TikTok, Dion Haryadi, memberikan berbagai tips sehat selama puasa ramadan yang mungkin dapat diterapkan.

Ciptakan kebiasaan baik

Menurut dokter asal Batam ini, bulan puasa adalah waktu yang tepat membangun kebiasaan baik, dengan target yang jelas dan perencanaan yang matang. Contohnya, kurangi konsumsi minuman manis dimulai dengan menurunkan frekuensi minum dari kali perhari, jadi dua kali per minggu.

Jangan langsung berbuka dengan makanan berat

Dengan menjalankan puasa, frekuensi makan akan otomatis berkurang, begitu pun kalori yang masuk ke tubuh akan berkurang dan berat badan pun bisa turun. Adapun yang sering terjadi, saat berbuka banyak orang yang langsung makan berat dan banyak. Oleh karena itu, dr Dion menyarankan untuk cukup minum air putih dan buah yang tinggi serat dan gula seperti kurma untuk mengembalikan kadar gula darah.

Mengatur porsi gizi seimbang

Untuk mendapatkan tingkat gizi seimbang dan mengenyangkan, dr Dion menyarankan untuk membagi piring menjadi enam bagian. Dua bagian untuk karbohidrat, satu bagian untuk sumber protein seperti daging, ikan, ayam, dan lainnya. Selanjutnya, dua bagian untuk sayur-sayuran, dan satu bagian untuk buah-buahan.

Pilih menu sahur

Saat sahur, sebaiknya tidak makan menu dengan glycemic index atau kadar gula yang terlalu tinggi, sehingga saat berpuasa nanti penurunan kadar gulanya tidak menurun terlalu drastis. Caranya, dengan menggabungkan makanan dengan glycemic index yang tinggi seperti nasi putih, dengan glycemic index rendah seperti daging dan sayuran.

Jangan malas bergerak

Saat pandemi Covid-19 ini, merupakan momentum yang pas untuk lebih memperhatikan aktivitas fisik, meskipun hanya berjalan-jalan di dalam rumah ataupun membersihkan kamar. Oleh karenanya, dr Dion menyarankan waktu yang tepat untuk berolahraga adalah 30 menit sebelum buka puasa atau 2-3 jam setelah berbuka dengan makanan berat. Namun, tidak perlu olahraga yang berat, cukup yang berintensitas rendah dan sesuai dengan kemampuan masing-masing seperti dilansir dari BeritaSatu.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *