Penting! Ini Tata Cara Penggunaan Masker yang Benar Menurut Pakar

Rentfix.com – Dokter Pakar dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI RSUP Persahabatan Erlina Burhan memaparkan tata cara menggunakan masker yang baik dan benar. Menurut Erlina, masker tidak akan berfungsi baik apabila tidak dipasang sesuai aturan.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah masker harus dipasang menutupi hidung dan mulut. “Kalau perlu bagian paling bawah dari masker ini sampai ke bawah dagu ditarik dan bagian atas tasnya juga ditekan sehingga karena itu ada kawat elastis di bagian atas masker bedah ini ditekan mengikuti teksur hidung,” kata Erlina saat konferensi pers di Graha BNPB, Seperti dikutip dari Kompas.com Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Erlina melanjutkan, cara melepas masker juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk melapas masker cukup dengan memegang tali masker kemudian lepaskan. Setelah melepas masker juga harus mencuci tangan.

“Jangan memegang maskernya, kemudian jangan lupa ini jangan merasa aman setelah memakai masker lalu melepaskan masker langsung aman, tidak,” ujar dia. “Ada lagi tata caranya adalah bahwa setelah melepaskan masker tetap harus mencuci tangan,” lanjut Erlina.

juga mengingatkan bahwa makser hanya untuk petugas kesehatan, orang yang sakit, orang yang sedang mengurus orang sakit dan orang yang berada di tengah kerumunan. Karena itu, ia berharap masyarakat untuk tidak memborong masker untuk kepentingan pribadi. “Jadi sekali lagi ingat pakai masker hanya bila batuk ya atau kalau memang tidak ada masker lakukanlah etika batuk,” ungkap Erlina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *