fbpx

Kos-kosan Dekat IKN Tembus Rp 55 Juta/Tahun, Normalnya Berapa?

0

Rentfix – Baru-baru ini di media sosial ramai pembahasan biaya hidup yang mahal di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, contohnya seperti hunian. Harga sewa hunian di sana bahkan tembus Rp 55 juta per tahun. Sebetulnya, berapa biaya sewa yang wajar di sana?


Associate Director Research & Consultancy Services PT Leads Property Indonesia, Martin Hutapea seharusnya harga sewa di wilayah sekitar IKN mengikuti daerah sekitarnya, misalnya Balikpapan. Di sana, biaya sewa kos-kosan sekitar Rp 1-2 juta per bulan.

“Di Balikpapan itu kan (sewa kos) palingan cuma Rp 1-2 juta per bulan, berarti idealnya juga seperti Balikpapan paling mentok atau mungkin di tengah-tengah seperti Rp 1,5 juta atau kalau mau agak sedikit elit ya Rp 2 juta mentok,” katanya seperti dilansir dari detikProperti, Rabu (27/12/2023).

Dari berita yang beredar, disebutkan juga biaya sewa hunian juga ada yang dilakukan per bulan yaitu mulai dari Rp 1-5 juta per bulan. Namun, kualitas hunian yang didapatkan tergantung dari biaya sewa.

Martin menilai, menaikkan harga sewa memang lumrah terjadi. Akan tetapi, sebaiknya dilihat juga dari pendapatan dan juga biaya hidup di daerah sekitar.

“Itu naluri bisnis sih, wajar, cuman menurut saya itu sih spekulasi karena patokannya kan Balikpapan yang sudah mature kotanya yang semuanya sudah ada aja itu mentok-mentok Rp 2 juta per bulan. Kalau pasarannya Rp 1-2 juta per bulan, itu idealnya Rp 12-24 juta per 12 bulan,” paparnya.

Sementara itu, menurut Pengamat dan Ahli Properti Steve Sudijanto menilai, biaya sewa Rp 1-5 juta per bulan di wilayah sekitar IKN masih wajar-wajar saja. Namun, fasilitas yang diberikan juga harus memadai, misalnya AC, kamar mandi dalam, dan keamanan 24 jam.

“Kos-kosan Rp 1,5-5 juta per bulan itu wajar saja apabila kondisi bangunan dan fasilitas kos-kosan layak, ada fasilitas air conditioning (AC) plus kamar mandi dalam plus keamanan 24 jam,” tuturnya kepada detikProperti.

Sebelumnya diberitakan, media sosial Instagram ramai membahas soal biaya sewa kos-kosan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang cukup mahal bahkan bila dibandingkan dengan standar biaya sewa kos di Pulau Jawa, khususnya Jakarta. Biayanya beragam, mulai dari Rp 45-55 juta per tahun.

Dilihat detikProperti dari akun @viralbener, Rabu (27/12/2023), salah satu postingannya membahas soal biaya sewa kos-kosan per bulan hingga per tahun di kawasan IKN.

“Momen seorang bercerita biaya hidup saat di IKN ternyata lebih mahal dibanding Jakarta. Terlihat biaya kosannya mahal banget,” tulis akun tersebut. Sebagai informasi, detikProperti sudah mendapatkan izin untuk mengutip postingan tersebut.

Dalam foto postingan tersebut, terlihat harga kos-kosan berkisar mulai dari Rp 45-55 juta per tahun. Ada juga yang biaya sewanya per bulan, mulai dari Rp 1-5 juta per bulan.

Fasilitas yang didapatkan juga berbeda tergantung dari biaya sewanya. Misalnya pada rumah yang biaya sewanya Rp 1 juta/bulan, terlihat bangunannya terbuat dari kayu, baik pada bagian lantai dan dindingnya. Ada juga salah satu bagian yang ditutup dengan seng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *