Casita dan Risha, Pilihan Rumah Instan yang Bisa Dirakit Secepat Kilat

Rentfix.com – Setiap orang tentu ingin memiliki rumah dengan desain ciamik dan proses pembangunannya cepat. Kedua hal tersebut menjadi faktor penting agar pemilik bisa segera menempati rumah idaman mereka.

Namun, membangun rumah dengan dekorasi menarik sesuai keinginan tentu bukanlah hal mudah karena membutuhkan proses panjang. Oleh sebab itu, beberapa dari Anda sangat mendambakan rumah yang dibangun dengan cepat atau instan.

Jangan khawatir, teknologi rumah instan sudah tersedia untuk Anda manfaatkan. Kompas.com menemukan rumah instan yang dirancang oleh salah satu usaha rintisan (startup) manufaktur bangunan modular asal Las Vegas, Amerika Serikat.

Perusahaan Boxabl ini menawarkan produk andalan rumah instan yang disebut The Casita. The Casita merupakan rumah yang dirancang secara instan dan memungkinkan pemilik bisa memindahkannya dengan bantuan mobil derek khusus.

Rumah ini dilengkapi dengan berbagai macam perabotan rumah tangga seperti kulkas, kompor, mesin cuci, dan masih banyak lagi.

Boxabl menjamin The Casita sangat mudah dan cepat dibangun, serta butuh waktu perakitan hanya satu hari. Bagi Anda yang tertarik, tim Boxabl akan membawa rumah instan tersebut menggunakan mobil derek dan langsung diletakkan di tempat yang Anda mau.

Lantas bagaimana sistem perakitannya? Layaknya Anda membuka sebuah paket yang dikirim langsung oleh kurir, tim Boxabl akan membuka satu per satu bagian rumah instan tersebut, baik kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan atap.

Rumah instan The Casita ini terbuat dari gabungan baja, beton, dan busa expandable polystyrene (EPS) yang diklaim tak cepat rusak. The Casita dirancang seluas 20×20 meter dengan harga yang dibanderol 50.000 dollar AS atau sekitar Rp 730 juta.

Jika ukuran rumah tersebut terlalu besar atau terlalu kecil, Anda bisa meminta ukuran rumah yang dirancang khusus dengan harga berbeda. Business Development Boxable Galiano Tiarmani mengatakan, pengembangan teknologi berkualitas tinggi The Casita sudah dilakukan selama bertahun-tahun.

“Kami telah menghabiskan beberapa tahun terakhir melakukan Research & Development (R&D) dan rekayasa solusi terobosan untuk membangun rumah harga terjangkau, berkualitas tinggi, dan pengerjannya cepat. Produk ini berpotensi meningkatkan kehidupan jutaan orang,” ujar Galiano seperti dikutip dari PR News Wire, Kamis (6/8/2020).

Indonesia

Sementara di Indonesia, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menerapkan pembangunan rumah cepat atau Rumah Instan Sederhana Sehat ( Risha).

Risha merupakan rumah dengan konsep knock-down, di mana proses pembangunannya tidak membutuhkan semen dan bata, melainkan dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut.

Maka, pembangunan rumah ini dapat diselesaikan dengan waktu jauh lebih cepat. Pengembangan Risha telah dilakukan sejak tahun 2004 menyusul setelah terjadinya Tsunami Aceh.

Rumah ini telah diklaim memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang hingga kini telah didirikan di lebih dari 60 wilayah di Indonesia dengan jumlah mencapai ratusan ribu unit.

Risha lebih diperuntukkan bagi warga kelas menengah ke bawah karena cukup dengan harga Rp 50 juta, masyarakat sudah mendapatkan rumah dengan tipe 36.

Pada dasarnya, Risha dibuat dengan struktur bangunan yang terdiri dari tiga jenis panel yang dibuat dari bahan beton bertulang yang merupakan campuran semen, pasir, dan kerikil. Risha merupakan rumah yang simpel dan bisa dikerjakan oleh siapa pun.

Hal itu karena cara mendirikan rumahnya dengan menyambung dan menyusun panel-panel sesuai ketentuan sehingga membentuk struktur bangunan rumah.

Adapun daftar harga panel Risha sebagai berikut:

1. Komponen P1: Rp 110.000

2. Komponen P2: Rp 100.000

3. Komponen P3: Rp 90.000 

4. Panel dinding: Rp 160.000 

5. Panel kusen: Rp 50.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *