fbpx

5 Perubahaan Kebiasaan Masyarakat Di Kala Pandemi Covid-19

0

Rentfix.com – Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar masyarakat Indonesia harus belajar dan bekerja dari rumah.  Meskipun masih ada juga yang masih harus berkegiatan di luar rumah.

Bagaimana hal ini memengaruhi perubahan kebiasaan dan gaya hidup mereka? Data Grab yang dirilis Selasa (6/5/2020), menunjukkan perubahan kebiasaan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.

Pengaruh pandemi Covid-19 ke gaya hidup masyarakat

Beikut adalah beberapa perubahan kebiasaan masyarakat dalam beberapa aspek:

1. Lalu lintas 

Untuk pertama kalinya selain pada musim Mudik, Jalanan Jakarta lengang!

2. Belanja

Mitra pengantaran makanan dan barang kini memainkan peran penting agar masyarakat tetap bisa berbelanja meski banyak orang yang #dirumahaja. Jumlah pesanan GrabExpress pada Maret 2020 naik 21.5 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Terdapat kenaikan pengantaran sebanyak 40 persen oleh social sellers (UMKM). Titik pengantaran barang terbanyak pada Maret adalah area perumahan (41,5 persen), fasilitas kesehatan(13,6 persen) dan Bank (12 persen).

Sebelumnya, perkantoran dan area perumahan mendominasi titik pengantaran. Pemesanan GrabMart pada Maret 2020 naik 22 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Bagi banyak pengusaha mikro dan juga social sellers, digitalisasi bisnis menjadi penting untuk dapat bertahan. Selain itu, jasa pengantaran memberikan kesempatan mendapatkan penghasilan bagi mitra pengemudi meskipun jumlah pemesanan kendaraan sedang menurun karena PSBB.

3. Makanan 

Namun, apakah pola makan dan pilihan makanan juga berubah karena Covid-19?  Terdapat kenaikan transaksi GrabFood sebesar 4 persen dan kenaikan jumlah makanan yang dipesan dalam sekali pemesanan (basket size) sekitar 7 persen. Sebelumnya, masyarakat Indonesia lebih banyak berbelanja di GrabFood untuk membeli kudapan sore mereka.

Sekarang makan siang menjadi waktu di mana mereka berbelanja lebih banyak, dengan kenaikan jumlah pesanan makanan sebanyak 9,4 persen dalam satu kali pesan (basket size).

Saat jumlah pesanan makanan sehat di negara lain menurun, masyarakat Indonesia lebih memilih makanan sehat dengan kenaikan jumlah pesanan sebanyak 7,4 persen. Namun, masyarakat Indonesia tetap suka ngemil, dengan kenaikan jumlah pesanan snack sebesar 15,4 persen.

4. Tiga jenis makanan terbanyak yang dipesan di GrabFood dan GrabMart

Ayam goreng tetap menjadi menu terlaris selama masa kerja dari rumah, diikuti oleh es kopi dan aneka mie. Terdapat 3 item paling banyak dibeli selama Covid-19 yakni es kopi bermacam variasi, siomay ikan dan pao ayam BBQ.

5. Kenaikan besaran tip

Rata-rata besaran tip untuk pesanan GrabFood meningkat sebesar 63 persen dibandingkan bulan sebelumnya, dan jumlah pesanan yang diberikan tip meningkat sebesar 38 persen. Jadi, masyarakat Indonesia tidak hanya memberikan tip lebih sering, namun besarannya juga bertambah.  Masyarakat Indonesia juga senang berbagi.

Lebih dari 5.000 mitra merchant GrabFood telah menyediakan menu spesial bagi mitra pengantaran dalam aplikasi GrabFood. Hingga saat ini, lebih dari 500.000 menu spesial untuk mitra pengantaran telah terjual seperti dilansir dari Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *