1 Oktober 2022

Rentfix – Momen cuti bersama menjelang Lebaran adalah waktu yang pas untuk membersihkan rumah. Selain membersihkan kamar mandi, ruang tamu dan menata ulang perabotan, karat di setiap sudut rumah juga harus dibersihkan.

Karat bisa muncul di perabotan yang bahkan tidak pernah terkena tetesan air karena masalah ini berasal dari kelembapan udara bersama zat besi dan oksigen di ruangan.

Melansir Expert Home Tips dan Kompas.com, Jumat (8/4/2022), Anda bisa membuat perabotan kembali kinclong dan bebas karat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Pertama, Anda bisa menggunakan buah lemon yang kaya akan vitamin C. Buah ini baik digunakan untuk membersihkan karat dari barang-barang yang mudah direndam ke dalam cairan.

Caranya adalah dengan memeras beberapa buah lemon ke dalam wadah kecil dan usapkan pada barang-barang di rumah yang berkarat.

Biarkan lemon meresap selama 2 jam sebelum barang tersebut digosok menggunakan sikat kawat. Alhasil, perabotan tadi bisa bersih dari karat. Kedua adalah menggunakan soda kue.

Sifat basa yang dimiliki bahan pembuat kue ini akan menciptakan karbondioksida ketika dicampur dengan asam. Untuk langkahnya, buatlah pasta soda kue dengan menambahkan air ke bahan tersebut. Lalu sebarkan di atas area yang berkarat. Lalu, gosok perabotan berkarat tadi menggunakan alat pembersih abrasif dan bilas hingga bersih.

Sementara bahan yang ketiga adalah cuka. Mirip seperti lemon, cuka juga memiliki sifat asam yang dapat bekerja sangat baik dalam mencegah karat dan membuat logam kembali berkilau.

Selain bisa digunakan untuk menghilangkan karat dari perabotan kecil, cuka juga cocok untuk menghilangkan karat dari perabotan yang agak besar, seperti bingkai foto atau peralatan stainless steel.

Akan tetapi, hindari bahan ini untuk membersihkan karat di perabotan alumunium atau barang-barang yang halus karena keasamannya bisa merusak lapisan benda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *