23 Mei 2022

Rentfix – Istilah smart home atau rumah pintar mengacu kepada pengaturan rumah di mana mayoritas peralatan di dalamnya dapat dikontrol menggunakan perangkat seluler yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Banyak peralatan yang dapat dikontrol bila Anda mendiami smart home. Mulai dari pengaturan pintu, televisi, suhu, kamera pengawas, lampu, bahkan kulkas.

Canggihnya, setiap peralatan dalam smart home telah dirancang untuk mempelajari jadwal pemilik rumah sehingga dapat melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan. Keuntungan utama dalam memasang sistem smart home di hunian adalah memberikan kenyaman bagi setiap pemilik rumah.

Dengan sistem ini, pemilik rumah dapat mengontrol peralatan, pencahayaan, dan fitur lainnya menggunakan satu perangkat seluler saja. Bahkan para pengguna sistem ini bisa mendapatkan pemberitahuan dan pembaruan secara langsung ke gadget mereka bila di rumah mereka terjadi masalah. 

Misalnya, bel pintu pintar memungkinkan pemilik rumah untuk melihat dan berkomunikasi dengan orang-orang yang datang bahkan ketika mereka tidak berada di rumah.

Dengan sistem smart home, pemilik rumah dapat menghemat biaya listrik tiap bulan karena peralatan elektronik dapat digunakan lebih efisien. Meskipun demikian, smart home juga tidak seratus persen aman. Sistem ini dapat dibobol oleh sorang hacker yang mahir, hanya dengan bermodal internet.

Bila berhasil, sang hacker dapat mengakses peralatan di rumah tertentu termasuk membuka pintu rumah hingga menaikan suhu. Tentu saja ini menimbulkan potensi bahaya.  Belum lagi bug yang muncul sehingga proses pengaturan peralatan pintar terganggu dan bisa memakan waktu lama. 

Untuk mengurangi risiko sistem smart home dibobol, pemilik rumah disarankan untuk melindungi peralatan dan perangkat pintar dengan kata sandi yang kuat. Biaya pemasangan teknologi smart home memang terbilang mahal terutama untuk sistem yang terprogram. Karena itu, pastikan Anda memiliki dana yang cukup bila ingin memasang sistem ini, seperti dilansir dari Kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *