Pusing Cari Rumah? Berikut 7 Langkah Jitu Temukan yang Terbaik

Rentfix.com – ┬áBagi orang yang ingin membeli atau menyewa rumah biasanya akan merasa bimbang memikirkan lokasi rumah yang tepat. Setiap orang pasti memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Bagi yang suka dengan keramaian, dan karyawan yang ingin dekat dengan tempat kerja pasti akan memilih lokasi rumah di tengah kota. Sebaliknya orang yang betah dengan suasana asri, tenang, dan tidak bising tentu akan mencari rumah di lokasi yang jauh dari perkotaan.

Namun demikian terdapat sejumlah pertimbangan lain dalam menentukan lokasi rumah yang tepat untuk Anda. Dilansir Point2homes, berikut 7 langkah untuk menemukan tempat tinggal terbaik Anda:

1. Cari tahu alasan utama Anda beli atau sewa rumah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu alasan membeli atau menyewa rumah di suatu tempat. Dengan alasan tersebut otomatis akan membawa dan mengarahkan Anda pada hunian seperti apa yang layak dan Anda butuhkan. Termasuk di mana rumah atau hunian yang tepat untuk Anda beli atau sewa. Misalnya apakah Anda pensiun dan mencari kedamaian dan ketenangan? atau apakah Anda mencari lingkungan yang lebih aman, untuk memulai sebuah keluarga? Atau pertimbangan lain seperti pasangan dan keluarga juga dapat mengarahkan Anda di mana dan seperti apa rumah yang harus dimiliki.

2. Tentukan gaya hidup seperti apa yang Anda inginkan

Langkah kedua, Anda dapat menentukan gaya hidup seperti apa yang Anda inginkan. Jika Anda ingin gaya hidup yang ramai, kota besar sering kali menjadi tujuan utamanya. Terlebih bagi Anda yang ingin memiliki peluang kerja yang besar, tinggal di perkotaan tentu sebuah keputusan yang tepat. Sebaliknya, jika menginginkan ketenangan, jauh dari polusi Anda dapat membeli atau menyewa rumah di pedesaan.

3. Pertimbangkan masalah cuaca

Selanjutnya tidak kalah penting adalah mempertimbangkan cuaca di suatu lokasi. Fikirkan juga bagaimana cuaca akan memengaruhi Anda, keluarga, dan pekerjaan. Banyak orang yang tidak kuat hidup di cuaca yang terlalu dingin. Tetapi ada juga orang yang justru tidak betah hidup di cuaca dengan paparan sinar matahari yang maksimal. Di sisi lain masalah cuaca kerap kali hanya sebatas persoalan adaptasi. Artinya, setiap orang pada akhirnya akan menyesuaiakan diri dengan kondisi dan lingkungannya.

4. Hitung perkiraan pengeluaran dan biaya hidup

Anda mungkin sudah memikirkan beberapa area ideal berdasarkan iklim, ukuran kota, dan pilihan gaya hidup. Sekarang saatnya untuk memperbesar lokasi pilihan dan melihat apakah rumah yang Anda impikan itu layak secara finansial. Teliti biaya hidup, mulai dari harga rumah rata-rata dan tarif hipotek, hingga pendapatan rata-rata dan harga kebutuhan pokok di suatu lokasi termasuk biaya seperti belanja, makan dan yang lainnya. Dengan pertimbangan berapa banyak biaya yang akan Anda keluarkan dan berapa banyak penghasilan, tanyakan pada diri Anda apakah dapat tinggal dengan nyaman di daerah ini. Apakah Anda akan memiliki uang tunai untuk ditabung, atau akankah penghasilan Anda hanya untuk membayar tagihan listrik, dan biaya hidup sehari-hari.

5. Pertimbangkan peluang pekerjaan

Lokasi ideal mungkin terlihat bagus di atas kertas, tetapi ketika pensiun, Anda mungkin perlu mencari pekerjaan saat berada di sana. Perhatikan baik-baik peluang kerja yang tersedia di area tersebut dan lihat apakah itu sesuai dengan bidang yang Anda pilih. Apakah Anda akan berhasil dalam karir? Atau, jika Anda mencari perubahan kecepatan, apakah ada banyak peluang untuk dipilih? Lihat iklan lokal serta tingkat pengangguran lokal untuk mendapatkan ide bagus tentang jenis pekerjaan di luar sana dan apakah Anda mungkin kesulitan mencari pekerjaan atau tidak. Jika Anda dapat memperoleh pekerjaan sebelum pindah, itu lebih baik, tetapi hanya dengan mengetahui bahwa ada jalan profesional untuk dijelajahi memungkinkan Anda untuk berburu rumah dengan percaya diri.

6. Fasilitas umum yang tersedia

Teliti lingkungan sekitar dan cari tahu apa yang mereka tawarkan. Semakin banyak tahu tentang daerah tersebut, semakin besar kemungkinan Anda untuk memilih tempat yang tepat. Lihatlah fasilitas lokal yang ditawarkan. Dari sekolah yang bagus dan restoran yang bagus hingga area ramah hewan peliharaan dan pilihan hiburan. Ada baiknya untuk memastikan bahwa lingkungan yang Anda pilih dapat menawarkan apa yang Anda butuhkan. Jangan lupa tentang transportasi umum dan waktu perjalanan. Hal ini penting terutama untuk menunjang dan memudahkan mobilitas Anda sehari-hari. Hidup di lingkungan atau daerah yang sering macet tentu saja akan menghambat dan menghabiskan waktu berharga Anda bersama pasangan atau keluarga.

7. Datang dan kunjungi lokasi pilihan Anda

Seberapa pun riset yang Anda lakukan, tentu tidak ada yang sebanding dengan mengunjungi suatu tempat secara langsung. Ada baiknya menghabiskan satu atau dua minggu di lingkungan itu bahkan sebelum Anda mempertimbangkan untuk mengajukan penawaran rumah. Dengan melakukan itu, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan tetangga, mengunjungi lsitus lokal dan mengalami komunitas secara langsung. Dengan cara ini, Anda dapat melihat sendiri apakah kehidupan di area pilihan Anda benar-benar layak dan cocok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *