Sebelum Ngekos, Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Rentfix.com – Tempat kos atau popular disebut kos-kosan merupakan salah satu kebutuhan bagi para perantau, untuk bekerja atau menempuh sekolah/kuliah. Kos menjadi pengganti tempat tinggal sementara bagi mereka. Namun, menemukan dan menentukan kos yang nyaman dan cocok bukan hal yang mudah. Terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam memilih kos-kosan. Berikut daftarnya:

1. Jarak

Pilihlah jarak kos yang berdekatan dengan tempat tujuan Anda sehari-hari misalnya dekat dengan kampus. Jarak yang dekat dengan tempat tujuan Anda akan memudahkan untuk pergi dan pulang setiap hari. Jarak yang dekat menjadikan Anda memiliki waktu yang panjang untuk beristirahat.

Selain itu, jarak antar kos dengan lokasi yang sangat dekat, dapat membantu Anda untuk tidak mengeluarkan ongkos transportasi.

2. Harga sewa ramah kantong

Harga sewa kos jadi pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. Anda harus menyesuaikan harga kos dengan dana yang dimiliki. Cari tahu juga sistem pembayaran di setiap tempat kos yang Anda survei, apakah per bulan, per tiga bulan atau per tahun. Kalau memang anggaran tidak cukup, pilih kos-kosan di area yang tidak terlalu jauh, namun tetap terjangkau kendaraan umum.

3. Kos putra, putri, atau campur?

Kos putra, putri atau campur merupakan poin penting yang tidak boleh luput dari perhatian. Sebelum mencari kos, Anda harus menentukan kriteria yang diinginkan. Apakah Anda ingin tinggal di kos sejenis (putra atau putri), atau kos campur? Semua mempunyai konsekuensinya.

4. Fasilitan yang didapatkan

Fasilitas kos yang komplit akan mempermudah Anda dalam beraktivitas sekaligus menjadi kunci mengenai tingkat kebetahan dan kenyamanan. Beberapa fasilitas yang biasanya ditawarkan adalah layanan WiFi, dapur, kamar mandi luar atau dalam, laundry, dan lain sebagainya.

Biasanya, apabila tempat kos menawarkan fasilitas yang komplit, harga sewa yang dipatok juga semakin mahal. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kebutuhan terkait fasilitas yang tersedia.

5. Peraturan Kos

Setiap kos memiliki aturan yang berbeda-beda, seperti jam malam yang mengharuskan para penghuni kembali dalam waktu yang sudah disepakati, aturan menerima tamu, aturan kunci kos, sistem pembayaran dan lain sebagainya. Pilihlah kos dengan peraturan yang dapat Anda laksanakan dan sesuai dengan kebutuhan, seperti dilansir dari Kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *