fbpx

3 Pelapis Dinding Kamar Mandi Yang Menarik

0

Rentfix.com – Dinding kamar mandi berbeda dengan dinding di bagian lain rumah. Di ruang tamu, kamar tidur dan area kering lainnya, semua jenis pelapis dinding atau wallpaper dapat digunakan.

Bahkan di dapur, yang sebagian besar areanya kering, dapat dipasangi hampir semua jenis pelapis dinding. Namun saat berada di kamar mandi, air datang dari segala arah.

Kelembaban, baik dari semprotan langsung pancuran serta udara yang sarat kelembapan, bisa merusak dinding kamar mandi. Memasang kipas ventilasidi kamar mandi memang membantu, tetapi tidak mencegah bisa terjadinya masalah di kemudian hari. Karena itu, sangat penting memilih penutup dinding yang sesuai agar dinding rumah Anda pun bertahan lama dan kamar mandi menjadi lebi cantik. Berikut pilihannya seperti dilansir dari Kompas.com 

1. Wallpaper Vinil

Wallpaper berlapis vinil adalah salah satu pilihan terbaik untuk dinding kamar mandi soal fungsinya. Kini Anda bahkan dapat memilih dengan warna dan desain wallpaper yang menarik.

Pastikan bahwa permukaan dinding Anda saat ini dapat dipasangi wallpaper vinil. Karena kurang lengket dibandingkan yang permanen, wallpaper ini tidak  bisa menempel pada permukaan dinding yang datar serta kasar.

Wallpaper vinil berfungsi paling baik untuk kelembapan lingkungan tidak langsung. Jadi gunakan bersama dengan permukaan yang menutupi bagian bawah dinding.

2. Cat Semi-Gloss

Bila memilih cat interior biasa untuk kamar mandi, maka hal utama yang harus dihindari adalah mengaplikasikan cat ke permukaan yang rata karena pori-pori cat memerangkap air. Cara klasik untuk menghindarinya adalah dengan menggunakan cat semi-gloss atau bahkan high-gloss.

Tak hanya mengandung bahan aditif pembunuh jamur, cat ini membuat kamar mandi Anda terlibat mewah.

Keuntungan menggunakan jenis cat ini adalah tahan lama dan memiliki harga yang sangat terjangkau.

Bahkan bila Anda membeli cat yang khusus untuk kamar mandi, Anda bisa membayar harga hingga dua kali lipat.

3. Ubin Keramik

Ubin keramik adalah pilihan klasik untuk dipasang di dinding kamar mandi. Dengan ubin, kelembapan tidak akan pernah menjadi masalah.

Sejak zaman Romawi kuno, ubin telah digunakan untuk melapisi tempat penampung air seperti bagian dalam bak mandi dan kolam.

Sayangnya, ubin memiliki desain yang monoton. Garis sekat di ubin menciptakan pola yang dapat mengurangi penampilan kamar mandi.

Terlalu banyak ubin bisa membuat ruangan terasa penuh dan membosankan. Namun Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan ubin pada sebagian dindidng saja.

Demikianlah pilihan penutup dinding yang bisa menjadi referensi untuk mendekorasi kamar mandi Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *