Optimalkan Efisiensi Bangunan dan Kinerja Ramah Lingkungan, Sequis Tower Borong Penghargaan Internasional

Rentfix.com – Sequis Tower memenangi dua penghargaan internasional dari American Institute of Architects International Region Awards 2020 (AIA). Gedung perkantoran milik PT Farpoint Realty Indonesia ini menang pada kategori desain dan sustainability (berkelanjutan).

Dari sisi desain, Sequis Tower dinilai memiliki bangunan berkualitas tinggi, efisien, serta berfokus pada manusia. Semetara pada sisi berkelanjutan, Sequis Tower menjadi bangunan pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) Platinum. 

Selain dari AIA, Sequis Tower juga memenangkan MIPIM Asia Awards 2020. Sequis Tower merupakan gedung perkantoran yang dirancang oleh Kohn Pedersen Fox Associates (KPF). Gedung ini mengoptimalkan efisiensi bangunan serta kinerja ramah lingkungan bagi pemilik dan penyewa gedung.

Dilengkapi dengan arsitektur dan teknologi berkelanjutan, Sequis Tower dapat mengintegrasikan praktik berkelanjutan yang membawa manfaat bagi bisnis dan operasi. Demikian disampaikan Kepala KPF Robert C Whitlock seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (26/3/2021).

“Kami mengadirkan inovasi ramah lingkungan di pusat kota, misalnya lewat kehadiran ruang publik di area bangunan,” ucap Robert. Selain itu, kata Robert, KPF juga membangun Sequis Tower dengan memanfaatkan arsitektur skala dan tekstur yang didesain untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan, baik secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Salam bangunannya, Sequis Tower dilengkapi fitur pelindung kesehatan, hemat biaya, serta berkinerja 36 persen lebih baik dibandingkan desain bangunan standar. Bangunan ini berlokasi di Sudirman Central Business District (SCBD) dengan jarak yang dapat ditempuh berjalan kaki dari Stasiun MRT Istora Mandiri.

Sequis Tower diklaim berkontribusi dapat mencegah dan mengendalikan virus Covid-19 karena memiliki inovasi deteksi suhu menggunakan teknologi artificial intellegence (AI), sinar UV-C untuk membersihkan udara, serta pemasangan filter HEPA di lift untuk mencegah penularan virus tersebut.

Fasad bangunan dibuat berlapis ganda untuk mengontrol panas matahari agar penggunaan energi jadi lebih hemat dan efisien. Sequis Tower juga memanfaatkan sistem peredupan dan pencahayaan sensor gerak yang efektif untuk mengurangi konsumsi listrik.

COO PT Farpoint Realty Indonesia Widijanto Liem menuturkan, Sequis Tower akan menjadi representasi visi jangka panjang perusahaan domestik maupun multinasional.  “Hal ini dengan cara penerapan bisnis berkelanjutan untuk hari ini dan masa depan,” tutup Liem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *