fbpx

Tips Segarkan Ruang Kerja Selama WFH dengan Tanaman

0

Rentfix.com – Tanaman memberi kehidupan di manapun ditempatkan, termasuk di dalam rumah. Saat ruang-ruang terasa suram, hadirnya tanaman bisa memberi kesegaran. Begitu pula halnya di ruang kerja. Seringkali bekerja terlalu lama membuat jenuh dan menurunkan kreativitas. Untuk menyegarkan ruangan, ubah dekorasinya dengan menempatkan tanaman sebagai unsur penyeimbang. Berikut pertimbangan mengapa tanaman bisa kita pilih untuk menyegarkan suasana, dan bagaimana tipsnya sepeti dilansir dari Kompas.com:

1. Manfaat tanaman di ruang kerja

Tak terbantahkan, tanaman membawa banyak manfaat. Ditempatkan di meja kerja di kantor atau di dalam ruang kerja di rumah, tanaman dapat mengurangi kondisi tekanan. Selain itu, hadirnya tanaman dapat membantu menjernihkan udara kotor dalam ruangan, sekaligus membuat tampilan ruang lebih menarik.

2. Memilih tanaman dalam pot

Tanaman dalam pot menjadi solusi efisien dan praktis bagi Anda yang ingin mulai merawat tanaman, tapi tidak punya terlalu banyak waktu. Selain mudah dipindahkan sesuai arah cahaya, menyiram dan memupuk tanaman dalam pot lebih ringkas tanpa memakan banyak waktu. Pertimbangkan pencahayaan dari sinar matahari ke dalam rumah, dengan begitu Anda bisa memilih tipe tanaman yang tepat. Umumnya, tipe tanaman yang dapat menerima sinar matahari dibagi menjadi tiga: bright-direct light, medium-indirect light dan low light.

3. Hadirkan elemen natural

Mencocokkan tanaman dengan elemen natural yang sudah ada di ruangan kerja adalah cara paling mudah. Misalnya memadukan tanaman dengan pot rotan dan menempatkannya dekat rak buku berbahan kayu solid. Untuk penataan ini, Anda dapat memilih tanaman berukuran sedang dengan daun berwarna, contohnya calathea triostar dan ketapang laut. Sedangkan bagian atas rak adalah tempat yang tepat untuk menjajarkan pot berukuran kecil.

4. Tempatkan tanaman di atas meja kerja

Tanaman di atas meja kerja dapat memberikan kesegaran saat berkarya. Pilihlah tanaman kecil dalam pot yang mudah dirawat seperti sansevieria atau yang juga dikenal dengan nama lidah mertua. Tata tanaman sejajar dengan alat tulis kerja dan juga lampu meja.

5. Isi sudut ruangan dengan tanaman berbagai ukuran

Pasangkan lampu lantai di sudut ruangan bersama variasi tanaman berbagai ukuran. Variasikan pot untuk setiap ukuran tanaman agar keseluruhan ruang kerja terlihat unik dan menarik. Tanaman yang bisa Anda pilih di antaranya adalah daun bahagia, pakis boston, pakis paku, dan walisongo variegata. Saat menatanya, perhatikan jarak antar pot agar setiap tanaman mempunyai ruang yang cukup untuk bergerak menuju arah cahaya. Pastikan setiap pot tanaman memiliki mendapat sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *