Inspirasi Desain Apartemen Satu Kamar Tidur yang Hemat Ruang

Rentfix.com – Pilihan hunian apartemen identik dengan masyarakat perkotaan yang menghadapi keterbatasan ruang. Namun, tak sekadar itu. Apartemen juga dapat menjadi pilihan tempat tinggal yang nyaman bagi Anda penyuka kehidupan ala urban yang simpel. Anda tetap bisa memiliki ruang tinggal yang nyaman, meskipun hanya memiliki ukuran kecil.

Asalkan pintar memilih desain apartemen mungil, unit yang sempit pun akan terasa luas sekaligus fungsional. Sebuah inspirasi desain interior apartemen minimalis yang layak Anda jadikan contoh adalah proyek Compact 1 Bedroom karya Fiano Modern Interior. Apartemen ini berada di Apartemen Bassura City, Jakarta Timur.

Tim desainer sukses memaksimalkan apartemen studio satu kamar tidur seluas 29 meter persegi saja. Renovasi besar-besaran yang dilakukan berhasil menciptakan area tinggal baru yang terasa nyaman sekaligus multifungsi. Penasaran seperti apa? Yuk simak riniannya:

1. Satu Sisi Multifungsi

Daya tarik dari unit apartemen ini adalah bagaimana kelihaian sang desainer memuat seluruh fasilitas dalam satu ruangan. Contohnya, dapat dilihat pada satu sisi multifungsi area dapur yang merangkap sebagai ruang laundry. Dengan rancangan yang cermat, seluruh perangkat dapur, kulkas, hingga mesin cuci pas ditempatkan pada satu sisi dinding.

Lihatlah di bagian atasnya serta dinding di seberangnya. Anda akan menemukan kabinet memenuhi dinding dengan model pintu yang tertutup. Furnitur inilah yang menyediakan banyak ruang kepada penghuni untuk menyimpan bermacam-macam peralatan secara rapi, tanpa membuat kamar terlihat berantakan.

Agar tidak terasa sempit, ada sebuah cermin besar yang merefleksikan bayangan serta cahaya di dalam ruangan. Teknik ini berhasil membuat unit terasa lebih terang dan lega. Cerdasnya lagi, letak pemasangan cermin pun secara efektif membentuk ilusi seolah ada “ruangan ekstra” di dalam kabinet.

2. Foldable Furniture yang Multifungsi

Banyak pemilik rumah sempit yang mengakali penggunaan foldable furniture maupun furnitur yang memiliki dua atau lebih fungsi sekaligus. Hal yang sama juga bisa Anda temukan di apartemen ini. Meja yang bisa didorong masuk atau kursi-kursi yang bisa dilipat dan disimpan, adalah solusi jitu untuk mengatasi masalah keterbatasan ruang.

3. Ranjang dan Meja Kerja Super Nyaman

Bagian terpenting bagi sebuah hunian adalah area istirahat atau bersantai, baik itu kamar tidur atau ruang keluarga. Pada apartemen satu kamar ini, ranjang sengaja dipasang menghadap ke jendela. Memberikan kesempatan kepada penghuninya untuk bisa menikmati pemandangan di luar sembari merasakan sinar matahari langsung.

Sementara itu, meja kerja berada tepat di depannya. Dilengkapi dengan rak gantung yang diberi lighting adem untuk suasana kerja yang nyaman. Di sebelah meja kerja, ada lemari dengan pintu geser yang sengaja dipasangi cermin di depannya. Tujuannya, tentu untuk memberikan efek luas di area istirahat ini.

Sementara itu, living room berada di sisi kanan ranjang. Selain memiliki fungsi sebagai tempat berkumpul dan menonton televisi, ruang keluarga juga sekaligus berperan sebagai pemisah antara area tidur dengan dapur. Keberadaannya memberi batas yang jelas antara fungsi masing-masing area, meski tanpa ada dinding pembatas.

4. Penggunaan Warna dan Pola yang Mengikat Keseluruhan Ruang Menjadi Satu

Jika diperhatikan satu per satu, Anda bisa melihat bagaimana penggunaan warna senada pada seluruh sudut unit apartemen. Hanya ada beberapa warna minimalis seperti putih, abu-abu, kayu, navy, dan biru muda yang dikombinasikan secara berselang-seling. Penggunaan warna-warna ini tidak hanya menjaga nuansa di dalamnya tetap minimalis, namun kombinasinya saling mengikat. Menjadikan setiap bagian apartemen kompak ini tetap terikat sebagai satu kesatuan.

Bahkan di area kamar mandi, Anda juga masih akan menemukan keramik dengan bentuk heksagonal ala sarang lebah. Seperti yang sudah Anda lihat tadi pada keramik lantai di area dapur, bukan? Perpaduan motif marmer putih dengan kayu menampilkan kamar mandi simpel, elegan, sekaligus unik! Interior aparteman mikro dengan satu kamar tidur ini begitu memikat dan terasa nyaman, bukan? Kuncinya terletak pada kesatuan warna serasi di setiap bagian yang ada.

Warna dipilih secara hati-hati, seolah tidak mengizinkan warna lain yang terlalu kontras. Permainan pencahayaan di berbagai sudut turut berperan penting menciptakan nuansa kamar terasa lebih lapang. Tak lupa, tambahkan cermin untuk memantulkan cahaya ke seluruh ruangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *