fbpx

Hadirkan Energi Positif, Ini Panduan Menata Ruang Makan dengan Tanaman

0

Rentfix.com –  Ruang makan adalah salah satu ruangan spesial di rumah. Di ruang ini kita berkumpul, menghabiskan waktu dengan keluarga atau kerabat, bahkan bekerja. Terutama sejak dimulainya adaptasi kebiasaan baru, tidak sedikit yang memanfaatkan ruang makan sebagai tempat makan sekaligus menyelesaikan pekerjaan.

Alhasil, banyak cara dilakukan untuk membuat ruang makan lebih istimewa, contohnya menambah dekorasi dengan tanaman. Tanaman dipilih karena bisa membersihkan udara sekaligus memberi ketenangan sendiri bagi yang merawatnya. Lantas, bagaimana caranya memulai mendekorasi ruang makan dengan tanaman? Simak panduannya.

1. Identifikasi level cahaya di ruang makan

Level cahaya sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang tanaman. Identifikasi level cahaya di ruang makan Anda, arah cahaya dari jendela juga pola cahaya yang menerangi ruangan sepanjang hari. Umumnya, tanaman dibagi dalam tiga kategori berdasarkan kebutuhan cahayanya: bright-direct light, medium-indirect light, dan low light. Pastikan tanaman yang Anda pilih mendapat cukup cahaya matahari.

2. Tentukan tanaman yang tepat

Memilih tanaman untuk ruang makan tidak terlalu sulit. Anda bisa menempatkan tanaman dalam pot besar seperti philodendron, pot-pot kecil yang tersusun di rak, bahkan tanaman gantung seperti string of nickels. Cek kembali kesesuaian level cahaya di ruang makan Anda dengan tanaman yang dipilih. Jika ruangan terlalu terang, Anda bisa menyaringnya dengan tirai tipis.

3. Mengisi sudut ruangan kosong

Tanaman bisa menjadi solusi cerdas untuk mengakali spot kosong di ruang makan. Pilihlah tanaman berdaun besar yang ditanam dalam pot besar pula. Tanaman seperti keladi kuping kelinci cocok ditempatkan dengan furnitur centerpiece seperti kursi dan meja makan bergaya minimalis.

4. Pusatkan perhatian pada sudut ruangan

Sudut ruangan seringkali terlupa saat mendekorasi, padahal akan terasa kosong jika dibiarkan tidak terisi. Untuk mengakali sudut kosong, Anda bisa menempatkan tanaman di atas meja samping.

Pilihlah tanaman rimbun berdaun banyak agar dapat mengisi kesan kosong. Tempatkan dalam pot berwarna cerah agar ruang makan terlihat lebih ceria sekaligus hangat. Salah satu tanaman yang bisa Anda pilih untuk dijadikan pusat perhatian adalah ketapang biola.

5. Gunakan rak gantung pada ruang terbatas

Ruang makan memiliki luas terbatas? Bukan masalah! Ada banyak cara menambahkan dekorasi tanaman pada ruangan mungil, salah satunya menggunakan rak gantung. Pilihlah model rak gantung terbuka yang dapat dengan mudah memberi akses ke cahaya matahari dan tempatkan rak agak tinggi agar tanaman mendapat asupan cahaya maksimal.

Untuk jenisnya, tanaman dalam pot kecil atau tanaman gantung sangat pas ditempatkan ruang terbatas. String of nickels yang apik atau jenggot musa yang menjuntai memberi kesegaran di ruang makan tanpa memakan tempat. Tidak sulit bukan mendekorasi ruang makan dengan tanaman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *