fbpx

Lakukan Latihan Ringan Ini Agar Tak Bosan Di Rumah

0

Rentfix.com – Akibat Covid -19, seluruh masyarakat diimbau untuk tetap berdiam diri di rumah. Sekolah-sekolah diliburkan, sebagian karyawan dianjurkan untuk bekerja dari rumah, dan lain-lain. Hal ini guna mencegah penyebaran virus Corona kian meluas.

Karena harus berada di rumah, banyak orang yang terbiasa beraktivitas di luar ruangan menjadi bosan. Akibatnya, yang terus-menerus dilakukan hanyalah tidur dan makan. Padahal, ini bisa membuat tubuh menjadi tidak fit dan rentan terhadap berbagai penyakit. Belum lagi ancaman berat badan yang akan bertambah naik jika Anda malas bergerak dan melakukan aktivitas.
Jadi, apa solusinya?

Tentu saja berolahraga! Di masa-masa seperti ini, menjaga tubuh tetap fit dan prima adalah suatu kewajiban. Rutin berolahraga akan sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat membuat penyakit enggan mendekat. Banyak sekali macam olahraga yang bisa dilakukan di rumah, bahkan tanpa bantuan alat apapun. Penasaran? Berikut tipsnya seperti di lansir dari Berita Satu:

Jumping jack

Jumping jack merupakan salah satu latihan kardio yang sangat baik untuk seluruh tubuh Anda. Tak hanya membuat otot menjadi lebih kuat, jumping jack yang dilakukan secara rutin juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, dan juga membuat jantung lebih kuat. Saat stres melanda, melakukan jumping jack juga sangat baik untuk meningkatkan suasana hati Anda.

Berdiri tegak, dan rapatkan kedua kaki, kemudian taruh tangan di sisi tubuh. Lompat dan angkat tangan Anda ke atas kepala, sambil merenggangkan kaki Anda.
Saat turun, kembalikan badan ke posisi semula. Ulangi gerakan ini dengan cepat selama 10-20 detik.

Push-up

Push-up menjadi salah satu latihan fisik terbaik yang bisa dilakukan di rumah. Tanpa menggunakan alat bantuan apapun, push-up hanya memerlukan niat dan kekuatan tubuh untuk melakukannya. Selain membakar kalori, push-up juga sangat baik dalam membantu membangun stamina, membentuk otot, dan meningkatkan suasana hati Anda.

Berbaringlah dalam posisi tengkurap, dan letakkan telapak tangan di sisi dada Anda. Tekuk siku sedikit dan dorong tubuh ke atas sampai lengan Anda hampir lurus.
Lalu, perlahan-lahan turunkan kembali tubuh Anda.
Lakukan 2-3 set dengan 12 repetisi.

Sit-up

Ingin mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dengan bonus perut yang lebih ramping? Maka sit-up bisa menjadi jawaban yang tepat. Rutin melakukan sit-up dan konsisten terhadap diet sehat, akan sangat baik dalam membakar kelebihan lemak dalam tubuh. Tak hanya itu, sit-up juga sangat baik untuk mengencangkan otot-otot ini di dalam tubuh.

Berbaringlah di atas matras olahraga Anda. Tekuk lutut Anda, dan buka selebar dada. Taruh tangan Anda di belakang kepala atau di atas dada.Kencangkan perut dan tarik napas. Buang napas dan angkat tubuh bagian atas, jaga agar kepala dan leher tetap rileks. Tarik napas dan kembali ke posisi awal. Sebelum berolahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sederhana dengan meregangkan seluruh bagian tubuh. Begitu juga usai berolahraga, lakukan pendinginan selama kurang lebih 5 menit. Penuhi asupan cairan usai berolahraga, agar terhindar dari risiko dehidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *