Inilah Cara Tepat Menyusun Makanan di Tengah Pandemi Covid-19

Rentfix.com – Selama berada di rumah dalam rangka menjalankan social distancing di tengah pandemi Cobid-19, Anda harus menjaga tubuh tetap sehat. Berbagai cara dilakukan, mulai dari berolahraga rutin, tidur cukup, mendapatkan cukup sinar matahari hingga mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang sebaiknya dilakukan saat makan utama maupun saat mengonsumsi camilan. Dengan demikian, tubuh bisa mendapatkan lebih banyak zat gizi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh. Hal ini dapat lebih mudah dipenuhi dengan menyusun menu terlebih dahulu.

Menurut ahli nutrisi, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, terdapat 5 hal yang perlu diingat dalam menyusun menu makanan sehari-hari, yaitu:

  1. Adequacy: Usahakan menu makanan mengandung cukup nutrisi penting untuk menjaga diet yang sehat. Jangan lupa bahwa gaya hidup sehat terdiri dari 70% asupan gizi dan 30% olahraga.
  2. Balance: Terapkan pola makan yang seimbang dengan rekomendasi konsumsi 40-60% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 15-20% protein.
  3. Calorie control: Jaga jumlah kalori dalam menu makanan. Kurangi makanan yang minim nutrisi dan mengandung kalori berlebih.
  4. Density of nutrition: Prioritaskan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan jauhi makanan yang kurang sehat.
  5. A bit of everything: Usahakan variasi dalam menu makanan sehari-hari. Semakin bervariasi bahan makanan yang disajikan, maka semakin lengkap asupan gizi yang akan Anda dapatkan. Sebab tak ada satu jenis bahan makanan pun yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Agar lebih mudah, Anda bisa mengingat cara menyusun makanan di atas dengan cara menyusun menu A B C D E.

Tak lupa, sediakan juga makanan sumber serat, seperti buah dan sayur yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan. Perlu diketahui, bahwa sekitar 70% komponen sistem kekebalan tubuh terdapat di dalam usus. Saat Anda mengonsumsi serat yang memiliki sifat prebiotik, maka serat tersebut akan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Bakteri inilah yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, pencernaan yang sehat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti dilansir dari Berita Satu.

Tak kalah penting, perhatikan juga cara pengolahan makanan. Beberapa bahan makanan yang mengandung gizi baik akan menjadi tak baik akibat pengolahannya yang melibatkan banyak lemak yang tak baik bagi tubuh. Itulah sebabnya, Anda perlu memvariasikan pengolahan makanan, misalnya dengan mengukus, tim, atau panggang yang lebih sehat daripada menggoreng menggunakan minyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *