fbpx

Wah! Ini Dia 5 Makanan Sehat Redakan Flu, Batuk, dan Demam Tanpa Harus Minum Obat

0

Rentfix.com – Flu, batuk, demam merupakan kondisi yang sering dialami oleh setiap orang. Ketika sedang terjangkit penyakit tersebut, tentunya tubuh akan semakin membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang, termasuk vitamin dan mineral. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan energi yang banyak untuk menciptakan sel imunitas dalam jumlah besar untuk menangkal virus yang masuk ke tubuh.

1. Memanfaatkan Asupan Nutrisi

photo-1490818387583-1baba5e638af.jpg

Saat flu, batuk, dan demam pasti akan memengaruhi selera makan kamu. Maka dari itu, kamu perlu memastikan asupan nutrisi dan cairan tubuh tetap terjaga dengan makan lebih sering, tetapi dalam porsi yang lebih kecil. Untuk menambah energi ketika sedang terserang flu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini yang sekaligus juga bisa meringankan gejala-gejala flu, antara lain:

2. Susu, Telur, dan Daging Rendah Lemak

photo-1572434921573-7981b2afe40c.jpg

Untuk meredakan flu, batuk, dan demam kamu bisa mengonsumsi susu, telur, dan daging rendah lemak. Ketiga jenis makanan ini merupakan makanan yang mengandung protein dan bermanfaat dalam membangun serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sumber protein juga bisa diperoleh dari kacang-kacangan dan ikan.

3. Wortel dan Sup Ayam

photo-1447175008436-054170c2e979.jpg

Wortel juga bisa menjadi makanan pereda flu, batuk, dan demam yang sangat baik untuk dikonsumsi. Wortel yang kaya akan kandungan vitamin B6, dan berguna untuk menjaga kondisi kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, wortel juga banyak mengandung serat dan vitamin A. Dan salah satu makanan untuk meredakan flu yang pertama adalah sup hangat yang terbuat dari kaldu ayam. Makanan ini diketahui bisa membantu meredakan flu yang kamu idap karena kandungan – kandungan yang ada di dalam sup ayam.

4. Yoghurt dan Jeruk Lemon

rcaNUh3pQ9GD8w7Iy8qE__DSC0940.jpg

Yoghurt termasuk makanan yang bisa meredakan flu, batuk, dan demam karena dianggap mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan probiotik yang ada di dalamnya. Selain itu, kandungan probiotik di dalam yoghurt mampu menekan bakteri jahat dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik. Jeruk dan lemon juga merupakan buah yang memiliki banyak kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh yang akan membantu melawan virus penyebab flu.

5. Air Putih dan Jahe

photo-1579643231315-c827436682b8.jpg

Selain mengonsumsi makanan yang mampu meredakan flu, batuk, dan demam di atas, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Selain mengonsumsi air putih, kamu bisa minum teh yang ditambahkan dengan madu untuk meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan sekaligus melegakan pernapasan yang tersumbat.

Kemudian mengonsumsi minuman hangat yang terbuat dari jahe bisa menjadi solusi untuk meredakannya karena jahe diketahui mampu menghambat beberapa virus yang menyerang pernapasan. Ketika sedang flu, hal yang juga tidak kalah penting adalah, kamu harus memberikan kesempatan tubuh untuk beristirahat dengan cukup. Saat flu, batuk, dan demam kamu harus memastikan porsi tidur yang cukup, setidaknya kurang dari tujuh jam pada malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *