fbpx

Cara Gampang Terhindar dari Flu dan Batuk

0

Rentfix.com – Saat ini banyak orang yang menderita batuk dan pilek. Penyakit ini sangat mudah menular ke orang sekitar melalui udara. Salah satu penyebabnya dikarenakan cuaca panas terik dan hujan turun secara bergantian dan terjadi tanpa terduga. Untuk itu, menjaga kesehatan dan meningkatkan data tahan tubuh merupakan suatu keharusan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar tetap sehat di musim batuk dan flu:

Olahraga Teratur dan Jaga Kebersihan Tubuh

photo-1452626038306-9aae5e071dd3.jpg

Menurut berbagai penelitian olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis dalam tubuh, mengurangi stres dengan mengatur pelepasan hormon stres, hingga memperlancar sirkulasi sel darah putih yang dapat melawan penyakit (leukosit) yang membantu tubuh melawan flu.

Tak hanya olahraga teratur, membiasakan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi setiap hari dan cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan, mencuci tangan sebelum menggunakan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda berhubungan dengan mata atau mulut.

Menutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk atau bersin. Membawa pembersih tangan berbasis alkohol untuk digunakan saat bepergian juga cukup efektif untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tidur yang Cukup

photo-1520206183501-b80df61043c2.jpg

Tidur yang cukup merupakan hal yang sangat penting. Tidur minimal delapan jam setiap malam selama periode dua minggu, menunjukkan ketahanan yang lebih besar terhadap virus. Sementara itu, mereka yang tidur tujuh jam atau kurang setiap malam, sekitar tiga persen lebih mungkin untuk tertular virus. Diduga hal ini terkait dengan pelepasan hormon sitokin selama periode tidur yang panjang. Sitokin merupakan sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan mengatur sistem kekebalan tubuh.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Mengonsumsi Sayuran Hijau

photo-1514995669114-6081e934b693.jpg

Mengonsumsi buah terutama yang mengandung vitamin C ternyata dapat menurunkan infeksi pada saluran pernafasan sebanyak 25 persen. Selain vitamin C, vitamin D ternyata juga mempunyai pengaruh terhadap daya tahan tubuh. Pada beberapa orang yang kekurangan vitamin D maka daya tahan tubuh pun juga berkurang, sehingga akan mudah tertular berbagai macam penyakit. Selain buah, sangat baik dan seimbang dilengkapi sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu Anda memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *