Memaksimalkan Penghasilan Sewa Melalui Renovasi & Desain Interior

Mencari penghasilan di bidang properti merupakan salah satu pilihan tepat untuk mendapatkan keuntungan. Bagi Anda yang mempunyai properti dapat menjadikannya peluang besar sebagai sebuah passive income. Namun bisnis properti memerlukan biaya yang tak sedikit.

Untuk itu, Effendy Tanuwidjaja, Chief Executive Officer (CEO), PT. Real Estate Teknologi (Rentfix.com) memberikan enam cara agar Anda dapat memaksimalkan penghasilan sewa properti melalui renovasi dan desain interior dengan cara sederhana, hemat, terjangkau, dan tetap diminati oleh calon penyewa. Simak penjelasannya berikut ini;

1. Terapkan Sebagai Bisnis Properti, bukan Rumah Pribadi

Pertama, jangan menerapkan standar yang sama antara bisnis properti dengan rumah pribadi. Hal ini penting diterapkan agar Anda dapat malakukan renovasi sewajarnya, sebab penyewa hanya menggunakan properti Anda sesuai kebutuhan sewa. Penyewa pun cenderung tak memperlakukan kualitas perawatan properti Anda dengan baik. Menerapkan himbauan tertulis kepada penyewa menjadi cara bijak agar tetap memperhatikan perawatan kualitas properti yang disewa.

2. Berikan Kenyamanan Kepada Penyewa

Kenyamanan menjadi hal utama bagi para penyewa untuk mencari, menemukan, dan memilih hunian idaman. Untuk itu kenyamanan merupakan hal utama yang disajikan dalam setiap pelayanan di Rentfix. Hal tersebut sangat berhubungan, ketika penyewa telah mengunjungi properti tersebut, muncul dibenak mereka, “Nyamankah saya jika tinggal di sini?”

Anda harus segera lakukan cara terbaik untuk menciptakan kenyamanan maksimal bagi penyewa. Semisal, rutin membersihkan properti Anda agar tak terlihat berdebu. Bersihkanlah mulai dari tirai dan jendela lalu cat dinding dengan warna terang agar semua lampu terlihat terang di malam hari. Kemudian jika ruang properti Anda tampak minimalis, Anda perlu mengatur ruang agar terlihat lebih luas dan nyaman.

3. Perbaiki Properti Sebelum Mengganti

Pemilik properti sering kali bergegas masuk, membersihkan properti, mengecat seluruh interior, meletakkan beberapa karpet baru, dan kemudian mengantar beberapa penyewa baru secepat mungkin.
Meskipun ini terdengar cukup masuk akal, namun cara ini cukup menguras finansial Anda. Anda cukup membersihkan langit-langit dan ruang sekitar agar properti tampak bersih setiap saat.

4. Fokus Pada Dapur dan Kamar Mandi

Dapur dan kamar mandi yang apik akan menjadi daya tarik bagi para penyewa. Kedua ruang ini, memiliki peranan penting. Sebab dapur dan kamar mandi memberikan faktor pertimbangan terbesar bagi para penyewa.
Mereka juga enggan memasak di dapur yang sudah terlihat usang, jauh dari kesan modern. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas properti, lakukan perawatan khusus di kedua ruang penting ini. Ketika nanti Anda hendak menjual properti, dalam 5-10 tahun ke depan, dapur atau kamar mandi yang Anda perbarui dengan baik, akan memberi Anda pengembalian investasi hingga 80 persen.

5. Rutin Membersihkan dan Ganti Perlengkapan

Anda tak perlu merombak seluruh kamar untuk mengubah properti. Anda cukup mengganti barang-barang kecil yang dapat membantu properti Anda agar terlihat baik. Segera lakukan membersihkan seluruh ruang properti pada setiap penggantian penyewa.
Seperti contoh memilih lapisan cat berwarna muda akan membuat properti Anda terlihat baru. Standar industri generik adalah cokelat muda atau putih, yang cocok dipadukan pada ruang dapur, sedangkan untuk ruang kamar mandi gunakanlah warna biru atau putih agar properti sewaan Anda selalu menarik perhatian penyewa. Cara perbaikan sederhana ini dapat membantu Anda memperbarui properti, menarik calon penyewa, dan mengurangi anggaran pemeliharaan.

6. Manfaat Utama Menata Eksterior

Penyewa akan memperhatikan faktor eksterior dari properti yang disewa. Eksterior properti perlu terlihat bersih dan dirawat. Ditambah keberadaan tanaman bunga yang membuat rumah lebih terasa hijau dan sejuk. Jika properti Anda memiliki beranda yang dilengkapi taman bunga pastikan agar selalu terlihat rapih dan bersih serta pasang beberapa titik lampu untuk memberikan cahaya yang menarik.
Pastikan taman memiliki semak atau pohon bunga yang tumbuh semerbak agar pemandangan terjaga keindahannya. Maka dari itu, eksterior properti Anda tak harus tampil sempurna, cukup bersih, terawat, dan aman agar mengundang imajinasi penyewa untuk terus datang.

Maka dari itu, terapkanlah kepraktisan, kemudahan mensurvei, merenovasi, serta mendesain interior properti. Jadikan pergantian unit-unit barang properti sebagai pekerjaan kecil, bukan pekerjaan besar. Berusahalah memberikan properti yang berkualitas ketika penyewa pindah, walaupun hanya sedikit penghuni yang memperhatikan semua perawatan ekstra yang Anda lakukan.

Setelah serah tempat, pemilik dapat memberikan daftar periksa inventaris kepada penyewa, yang memberi mereka kesempatan untuk mencatat setiap perbaikan atau kerusakan di dalam properti. Jika memungkinkan, Anda dapat memperbaiki sebagian atau memperbaiki semua yang mereka sebutkan dan kemudian mencatat tanggal perbaikan pada dokumen.

Semoga cara sederhana ini dapat memaksimalkan penghasilan sewa melalui merenovasi properti dengan harga hemat. Hal yang perlu Anda ingat, penyewa tak selalu ingin tinggal di properti mewah, melainkan ruang hunian yang fungsional dimana mereka merasa nyaman untuk menghabiskan waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *