Peta Bisnis Kawasan Industri, Potensi Investasi Masa Depan

Hingga akhir 2017, setidaknya bisnis di kawasan Industri telah menambah 10 kawasan industri baru yang akan meramaikan pasar guna merebut potensial klien yang ada di Indonesia. Dimana ke-10 kawasan industri baru tersebar tersebar 3 di pulau Jawa dan 7 di luar pulau Jawa.

Konsistensi pemerintah dalam pengembangan bisnis kawasan industri memang tidak main-main. Hal itu bisa kita lihat dari mulai consernnya pemerintah dalam melakukan penanganan bisnis di sektor kawasan industri. Setidaknya kini, ketika investor atau calon investor menanyakan soal lokasi yang tepat dalam pengembangan bisnis yang mereka ingin kembangkan di Indonesia, ada beberapa lokasi yang bisa di tawarkan.

Kemampuan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian dalam pengembangan kawasan industri bolehlah diacungkan jempol. Setidaknya dari penyebaran kawasan industri baru yang ada, jelas mengindikasikan bahwa pemerintah ingin meratakan menyebaran kawasan industri yang ada di Indonesia. Dimana kawasan industri baru itu berada di Karawang, Bekasi, Majalengka, Tangerang dan Sidoarjo untuk wilayah Jawa. Sedangkan untuk lokasi di luar pulau Jawa, pemerintah mengembangkannya ke lokasi seperti Ketapang, Penajam Paser Utara, Deli Serdang, Simalungun, Muaro Jambi dan Gorontalo Utara.

Peningkatan yang terjadi pada bisnis kawasan industri, memang pada akhirnya berdampak langsung terhadap peningkatan usaha industri yang ada di tanah air. Wajar jika pada akhirnya peningkatan itu berdampak tidak saja pada bisnisnya tapi juga pada penyerapan jumlah tenaga kerja yang masuk di sektor industri sebagai salah satu penunjang keberhasilan bisnis disektor industri. Dari data yang bisa di himpun dalam perkembangan bisnis kawasan Industri di Indonesia, hingga memasuki akhir tahun 2017 setidaknya jumlah unit usaha industri mengalami peningkatan sebesar 244,18% dari tahun 2014 yang baru mencapai 1.288 unit usaha menjadi 4.433 unit usaha di tahun 2017. Di prediksi hingga tahun 2019 angka itu akan terus meningkat hingga 91,47% pada tahun 2019 sehingga jumlah unit usaha yang akan tumbuh menjadi sekitar 8.488 unit usaha.Sementara untuk peningkatan dari sektor angkatan kerjanya sendiri, dalam kurun waktu 2 tahun kedepan diprediksi akan meningkat sekitar 11,11% dari jumlah tenaga kerja di tahun 2015-2017 yang mencapai 16,57 juta menjadi 17,10 juta pada tahun 2019.

Korelasi yang cukup baik ini memang pada akhirnya membuat sektor industri mampu meningkatkan jumlah investasi yang masuk ke Indonesia. Harapan itu memang terlihat dari data yang di himpun Kementerian Perindustrian dalam beberapa tahun terakhir. Setidaknya dari Rp706,9 triliun pada tahun 2015-2017 meningkat hingga 148,83% pada 2017-2019 dengan nilai Rp1.759 triliun.

Dengan tingginya angka pertumbuhan yang bisa di capai dalam kurun 2 tahun kedepan, maka kinilah saatnya para pemilik usaha menentukan pilihan di lokasi mana bisnisnya ingin di kembangkan, karena di prediksi dalam 2 tahun kedepan kawasan industri baru yang di bangun pemerintah akan siap menampung pengembangan bisnis para pelaku industri.

Sumber: Penelitian dari berbagai sumber oleh Divisi Litbang Rentfix

Untuk melihat listing properti berkaitan dengan pergudangan dan industri, bisa dilihat di Rentfix.