fbpx

Sudah Kembali Bekerja, Begini Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Muda

0

Rentfix.com – Libur panjang telah usai, kini saatnya untuk kamu bekerja kembali mengumpulkan pundi-pundi keuangan. Tak bisa dipungkiri, bekerja dengan menghasilkan uang merupakan salah satu cara orang-orang untuk bisa menunjang kehidupannya agar lebih baik lagi. Mengatur keuangan di usia muda bukanlah sesuatu hal yang mudah, kamu pasti kadang lalai dan sadar atau tidak sadar menghabiskan uang yang dimiliki untuk beberapa hal yang sebenarnya tak terlalu penting. Jika kamu termasuk orang yang sulit mengelola keuangan, coba ikuti tips mudah di bawah ini.

Ketahui tipe pengeloaan uang

Cari tahu terlebih dahulu apakah diri kamu seseorang yang gampang ‘lapar mata’, perhitungan atau pelit. Sebelum benar-benar akan menabung kamu wajib tahu tiper pengelolaan uangmu dalam sehari-hari. Dengan begitu kamu bisa mengatur strategi menabung yang tepat untuk kedepannya.

Miliki prioritas

Urutkan terlebih dahulu yang harus dijadikan prioritas oleh kamu. Beberapa hal priorotas bisa seperti tagihan atau utang kepada orang lain. Hal ini sebaiknya menjadi prioritas dalam menghitung pengeluaran dan kondisi finansial. Ini bertujuan agar tidak ketar-ketir saat kamu harus membayar sesuatu yang lebih penting daripada belanja dan jajan. Jika udah menentukan pengeluarana apa saja yang harus didahulukan, baru kamu bisa menggunakan sisa uang dengan menabung dan senang-senang.

Berburu diskon

Diskon adalah hal yang paling efektif bagi anak muda untuk bisa lebih irit. Dengan mengejar diskon dan promo, kamu tak perlu benar-benar berhenti untuk stop jajan atau belanja, kamu bisa mencari celah dengan cara ini untuk meminimalisir pengeluaran. Jadilah seseorang yang lebih cerdas untuk memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang bisa didapatkan sebelum mengeluarkan uang untuk sebuah keperluan baik itu sekunder atau tersier. Soal makanan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah yang sama seperti di restoran cepat saji, lebih irit bukan?

Berburu diskon

Diskon adalah hal yang paling efektif bagi anak muda untuk bisa lebih irit. Dengan mengejar diskon dan promo, kamu tak perlu benar-benar berhenti untuk stop jajan atau belanja, kamu bisa mencari celah dengan cara ini untuk meminimalisir pengeluaran. Jadilah seseorang yang lebih cerdas untuk memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang bisa didapatkan sebelum mengeluarkan uang untuk sebuah keperluan baik itu sekunder atau tersier. Soal makanan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah yang sama seperti di restoran cepat saji, lebih irit bukan? Tapi ingat! Self reward boleh saja, jangan sampai boros sehingga dompet jebol lagi, seperti dilansir dari Sonora.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *