fbpx

Aktivitas Ngabuburit Seru di Rumah Selama Pandemi

0

Rentfix.com – Bulan suci Ramadhan identik dengan ngabuburit. Adapun istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang berarti menunggu azan magrib atau berbuka puasa. Biasanya, ngabuburit diisi dengan aktivitas di luar rumah seperti berkumpul dengan teman. Namun, pandemi membuat hal tersebut tak mungkin dilakukan. Masyarakat diimbau tetap di rumah saat menunggu waktu berbuka. Meski begitu, bukan berarti ngabuburit di rumah tidak mengasyikkan. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa seperti di lansir dari Kompas.com.

Mendengarkan podcast

Podcast atau siniar menjadi salah satu konten audio yang cukup diminati akhir-akhir ini di samping musik. Pasalnya, selain menghibur dan informatif, mendengarkan siniar memberikan sejumlah manfaat bagi pendengarnya. Sebut saja sebagai brain gym, yaitu merangsang daya imajinasi dan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, mendengarkan podcast juga dapat melatih seseorang untuk menjadi pendengar yang baik. Ada banyak tema pembahasan podcast yang bisa kamu dengar untuk mengisi waktu ngabuburit di rumah, antara lain komedi, olahraga, pengembangan diri, bisnis, kesehatan, edukasi, romansa, dan parenting.

Olahraga ringan

Berpuasa bukan menjadi halangan untuk berolahraga. Pakar kebugaran Ahmed Al Sayed mengatakan, bulan Ramadhan justru merupakan momen untuk melakukan aktivitas tersebut sehingga tubuh bisa lebih kuat dan segar pada bulan berikutnya. Untuk jenis olahraga, Ahmed menganjurkan aktivitas fisik berskala ringan dengan durasi sekitar 30 menit setiap hari. Pilih aktivitas yang sudah mencakup tiga aspek kebugaran dasar, yaitu kekuatan, kardio, dan fleksibilitas. Hal ini dilakukan mengingat tubuh rentan dehidrasi saat berpuasa. “Alasan saya mengutamakan kekuatan otot karena hilangnya massa otot akan memperlambat metabolisme,” kata Ahmed dikutip dari The National News, Selasa (13/4/2021).

Menonton film

Selain dua aktivitas di atas, menonton film juga bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu menunggu berbuka. Terlebih, tak sedikit judul film maupun serial seru yang dirilis sejak awal 2021. Pun, aktivitas tersebut punya manfaat positif lain, seperti mengasah daya pikir, menciptakan kesadaran sosial, dan menjadi sarana pembelajaran. Bahkan, bermanfaat sebagai sarana terapi mental.

Berselancar di marketplace

Tak kalah seru dengan menonton, waktu ngabuburit juga bisa diisi dengan berselancar di berbagai marketplace.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *