Ini Dia Cara Hemat Bikin Kantor di Rumah

Rentfix.com РDengan semakin banyaknya orang yang bekerja dari rumah di tengah pandemi Covid-19 ini, kantor rumah atau home office telah menjadi ruang penting.

Namun membuat ruang kerja profesional dilengkapi dengan fasilitas seperti di kantor membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Karenanya, untuk menghemat anggaran membuat kantor di rumah, Anda harus terlebih dahulu merencanakan secara matang konsepnya.

Berikut caranya:

1. Tentukan ruang kantor kerja Anda

Untuk efisiensi terbesar dalam pekerjaan, temukan ruang yang dapat didedikasikan untuk area kantor rumah. Anda dapat memanfaatkan ruang apa pun untuk kantor rumah misalnya di bawah tangga, kamar cadangan, atau sudut ruang tamu yang tidak terpakai.

2. Buat denah lantai

Mulailah mengukur luas ruang kantor yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki ruang terbatas, alokasikan ruang yang kecil dengan perlengkapan atau perabotan yang juga minimalis.

Misalnya, membeli meja, bangku, karpet dengan ukuran yang kecil. Dengan cara seperti itu Anda dapat membuat ruang kantor terbaik sesuai dengan kebutuhan dan luas ruang.

3. Tentukan apa yang dapat Anda lakukan sendiri

Sebelum memulai membuat ruang kerja kantor, cari tahu bagian pekerjaan apa yang dapat Anda kelola sendiri.

Misalnya, mengundang pelukis profesional untuk mengecat kantor rumah adalah kemewahan, tetapi ruang dengan ukuran kecil tentu saja dapat Anda lakukan sendiri. Dan cara itu akan menghemat banyak biaya yang mesti Anda keluarkan.

4. Gunakan apa yang Anda miliki

Perabotan yang Anda miliki saat ini boleh jadi sangat berfungsi untuk digunakan di kantor rumah, misalnya bangku, meja, lukisan, karpet, dan yang lainnya. Karenanya Anda tidak perlu lagi membeli banyak barang untuk kebutuhan kantor rumah, sehingga Anda bisa menghemat dengan cara seperti ini.

5. Buat perabot kantor sendiri

Anda dapat memilih opsi untuk membuat meja kantor di rumah sendiri. Caranya cukup sederhana, tempatkan dua lemari arsip di ruang kantor dan letakkan papan di atasnya.

Lalu ampelas tepinya, dan warnai dengan warna favorit Anda. Meja yang Anda buat dapat memangkas anggaran.

Tak hanya meja, Anda juga dapat membuat rak dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah atau dengan bahan yang harganya terjangkau.

Kemudian Anda juga dapat menggunakan pot bunga hias untuk menyimpan pensil dan gunting.

Belilah beberapa rak sepatu bertingkat untuk diletakkan di atas meja sebagai rak penyimpan printer, beberapa kertas, atau buku.

6. Belanja furnitur bekas

Anda dapat melihat barang-barang di toko-toko atau pasar yang menjual furnitur bekas atau seken.

Selain itu, Anda dapat mencari perabotan bekas di media sosial atau market place. Anda akan menemukan barang-baragg seken dari penggunanya langsung.

7. Beli dekorasi baru dengan harga murah

Toko diskon, pusat rumah, gerai furnitur, ruang pamer pencahayaan, dan pusat dekorasi rumah menawarkan berbagai macam barang luar biasa dengan harga diskon besar.

Anda mungkin terkejut menemukan meja yang indah kondisinya baru namun dengan harga terjangkau.

8. Tukar dengan teman

Pertimbangkan untuk menukar perabot dengan teman. Jika Anda memiliki meja makan yang tidak muat di rumah, dapat menukarnya dengan meja yang Anda butuhkan.

Atau apakah Anda memiliki furnitur anak-anak yang dapat digunakan oleh tetangga untuk ditukar dengan rak buku? Pertimbangkan juga untuk menukar layanan dengan furnitur.

Tawarkan keterampilan dekorasi Anda dengan imbalan kursi. Atau buatlah tirai untuk tetangga yang bisa membuatkan meja untuk Anda. Setiap orang memiliki sesuatu yang berharga yang dapat mereka tawarka satu sama lain. Dilansir dari Kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *