Tiga Hal Penting Diperhatikan Sebelum Menata Kamar Mandi

Rentfix.com – Baik merenovasi rumah yang saat ini Anda tempati maupun membangun rumah baru, salah satu komponen terpenting yang harus dilakukan adalah merancang kamar mandi.

Anda dapat memutuskan model kamar mandi seperti yang diinginkan, peletakkan peralatan mandi, maupun pencahayaan yang Anda butuhkan di kamar mandi.

Tetapi, mendesain kamar mandi membutuhkan keseimbangan antara persyaratan praktis yang tepat serta keinginan dari sisi desain. Ada banyak faktor dan elemen yang harus diputuskan.

Melansir Real Homes, berikut tiga tips on untuk Anda seperti dilansir dari Kompas.com

1. Rencanakan tata letak peralatan kamar mandi

Hal pertama yang Anda harus lakukan pada desain kamar mandi adalah memikirkan tata letak peralatan kamar mandi. Anda harus mulai dengan melihat di mana meletakkan pipa ledeng, bathub, dan  shower yang sudah ada di kamar mandi.

Jika Anda mendesain kamar mandi dari awal, pikirkan apakah ingin menggunakan tata letak satu atau lebih dinding untuk pipa ledeng. Tata letak satu dinding untuk ledeng lebih murah daripada harus meletakkan pipa ledeng di lebih dari satu dinding.

2. Pertimbangkan jenis wastafel

Setelah Anda memutuskan tata letak peralatan di kamar mandi, selanjutnya perlu memikirkan jenis wastafel yang tepat. Jika memiliki anggaran besar, Anda bisa mendapatkan wastafel dengan saluran air tipis di bagian depan dan belakang.

Atau, jika Anda memiliki anggaran terbatas sesuaikan dengan wastafel berbentuk mangkuk atau pilihlah gaya wastafel yang lebih tradisional dan tentunya lebih ramah kantong.

3. Tentukan jenis pencahayaan

Salah satu hal terbesar yang perlu Anda pikirkan untuk desain kamar mandi adalah pencahayaan. Ini akan menjadi penting ketika Anda mencoba untuk berlama-lama di kamar mandi, pasti harus dipikirkan bagaimana melakukan aktivitas di dalamnya, seperti menata rambut atau memperbaiki riasan wajah.

Oleh karena itu, tentukan jenis pencahayaan yang Anda inginkan untuk kamar mandi yang dirasa tepat, seperti menggunakan lampu gantung agar lebih terang atau hanya lampu bohlam yang menghasilkan efek cahaya kuning. Jangan lupa menaruh pencahayaan yang memadai di kamar mandi dan mungkin di atas toilet.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *