6 Juli, Google Buka Aktivitas Perkantoran

Rentfix.com – Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google, berencana membuka kembali sejumlah perkantoran di beberapa kota milik perusahaan pada 6 Juli mendatang. Hal tersebut disampaikan CEO Google Sundar Pichai seperti dikutip dari CNN Business, Rabu (27/5/2020).

Namun, belum diketahui secara pasti perkantoran mana saja yang akan dibuka kembali oleh Google di Amerika Serikat. Pichai memastikan, pembukaan tersebut dilakukan secara bertahap dengan membatasi kapasitas karyawan yang masuk kerja. Pada bulan Juli nanti, hanya 10 persen karyawan yang diizinkan untuk memasuki gedung perkantoran Google.

Selanjutnya, pada September, perusahaan akan meningkatkan kapasitas karyawan yang diizinkan bekerja di kantor menjadi 30 persen. “Kami akan menerapkan langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang ketat untuk memastikan pedoman sosialisasi dan jaga jarak sosial diikuti,” kata Pichai.

Sebelumnya, Google mengatakan karyawan boleh bekerja dari rumah hingga akhir tahun 2020 mendatang jika mereka menginginkannya. Perusahaan akan memberikan tunjangan sebesar Rp 14,7 juta untuk para karyawan yang membutuhkan peralatan dan perabotan demi menunjang pekerjaan mereka. 

Kebijakan baru Google ini berbeda dengan Facebook dan Twitter yang menerapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) secara permanen untuk setiap karyawannya. Tujuannya untuk menekan penyebaran virus Corona serta meningkatkan produktifitas para karyawan.

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan, sebanyak 50 persen pegawai Facebook dapat bekerja dari rumah dalam lima hingga 10 tahun ke depan.

Twitter juga memberlakukan kebijakan serupa dengan mengizinkan sejumlah pegawainya kerja dari rumah “selamanya” apabila mereka memilih demikian. Meski begitu, pihak Twitter tidak menjelaskan secara rinci posisi pekerjaan seperti apa yang diperbolehkan dilakukan dari rumah seperti dilansir dari Kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *