fbpx

6 Panduan Pembukaan Kembali Ruang Kerja di Perkantoran

0

Rentfix.com – Konsultan properti Cushman & Wakefield merilis panduan komprehensif bertema “Kesiapan Pemulihan: Panduan Pembukaan Kembali Lingkungan Kerja”. Cushman & Wakefield membidik para pemilik maupun penyewa properti dalam rangka pembukaan kembali lingkungan kerja dan perkantoran dalam beberapa bulan ke depan.

Panduan ini dirilis untuk melengkapi Recovery Readiness Task Force (RRTF atau Satuan Tugas Kesiapan Pemulihan) dan produk social distancing (pembatasan sosial) terbaru bernama Six Feet Office.

Para ahli dan peneliti lingkungan kerja di Cushman & Wakefield dan Vanke Service  mengembangkan panduan ini dengan solusi yang tanggap dan mudah disesuaikan dengan implementasi hemat biaya. Dalam menciptakan panduan ini, Cushman & Wakefield menyaring pemahaman dan praktik terbaik dari proses pembukaan kembali 10.000 perusahaan di China.

Di negara Tirai Bambu ini, hampir satu juta orang bakal bekerja kembali di gedung-gedung perkantoran dengan total luas 74 juta meter persegi. ‘The Safe Six’ atau enam langkah keamanan esensial kesiapan lingkungan kerja menjadi garis besar yang bisa diimplementasikan pemilik perkantoran, terdiri dari:

1. Persiapan bangunan, berupa rencana pembersihan, inspeksi sebelum pembukaan kembali, dan pengecekan jaringan mekanik dan HVAC,

2. Persiapan tenaga kerja, berupa kebijakan yang mengatur pegawai kembali bekerja, menggilir atau menjadwalkan komunikasi antar pegawai dan manajemen,

3. Pengendalian akses, berupa penerapan protokol untuk keamanan dan pengecekan kesehatan, akses masuk bangunan, pengiriman atau penerimaan barang, penggunaan elevator dan kebijakan terhadap pengunjung,

4. Pembuatan rencana pembatasan sosial (social distancing), berupa petunjuk untuk menurunkan kepadatan dalam ruangan dan perencanaan sirkulasi pada area kerja,

5. Pengurangan area sentuh dan tingkatkan pembersihan, berupa pemberlakuan kebijakan kebersihan meja, jaga pintu tetap terbuka, pembersihan di area bersama, pengaturan area makan, dan

6. Komunikasi untuk kepercayaan diri, berupa memahami kecemasan yang mungkin dialami pegawai saat kembali ke lingkungan kerja, komunikasikan dengan transparan dan lakukan survei secara regular.

Cushman & Wakefield Indonesia akan membantu para pemilik bangunan dan perusahaan di sektor komersial dan ritel untuk kembali ke lingkungan kerja mereka saat kebijakan pembatasan aktivitas mulai dilonggarkan dalam beberapa bulan mendatang.

Managing Director Cushman & Wakefield Indonesia David Cheadle mengatakan, pedoman tersebut sangatlah penting untuk menjadi rujukan para pemilik dan penyewa perkantoran. “Pedoman ini berlaku sebagai langkah awal untuk menginformasikan para klien kami mengenai bagaimana bangunan akan beroperasi pada “kebiasaan baru” dan bagaimana para penghuni dapat mengelola kebutuhan real estat mereka di masa depan dengan fokus pada isu finansial,” ucap David seperti dilansir dari Kompas.com, Senin (11/5/2020).

David melanjutkan, pihaknya berupaya membantu para pemilik gedung dalam menciptakan kerangka perencanaan terpadu untuk kembali beroperasi penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *