23 Mei 2022

Rentfix – Kumpul keluarga merupakan kegiatan utama yang dilakukan pada momen Lebaran atau Idul Fitri. Pada momen tersebut, sanak keluarga dari berbagai kota, pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi. Biasanya, rumah orang tua atau orang yang dituakan di keluarga akan menjadi lokasi utama untuk berkumpul.

Area rumah yang sering dijadikan tempat berkumpul yaitu ruang tamu. Karena itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan dan menata ruang tamu atau ruang keluarga agar tampak rapih dan nyaman, berikut tipsnya :

1. Tata ulang furnitur di ruang tamu

Mulailah menata ulang semua barang-barang yang ada di ruang tamu. Rapihkan posisi televisi, rak, meja, sofa, karpet, lemari dan banyak barang yang lainnya di area tersebut. Biasanya, ruang tamu yang lama tidak dirapihkan membuat perabotan di area tersebut bergeser tidak pada tempatnya. Selain itu, akan banyak sekali barang-barang yang menumpuk sehingga membuat ruang tamu berantakan seperti kapal pecah.

2. Pindahkan furnitur besar

Setelah itu, pindahkanlah furnitur besar yang ada di area tersebut seperti lemari, sofa, dan yang lainnya. Dengan cara itu, Anda tentu telah membuat perubahan besar di ruang tamu. Pasalnya, semakin banyak furnitur yang menumpuk justru malah membuat ruang tamu akan semakin sempit dan sumpek. Sebaliknya, dengan hanya beberapa furnitur saja yang digunakan jelas membuat ruang tamu semakin luas, lega dan nyaman.

3. Rapikan kabel berantakan

Jika ruang keluarga juga menjadi ruang menonton dan bekerja, kemungkinan besar ada banyak kabel peralatan elektronik yang kusut sehingga mengacaukan ruangan. Kabel kusut ini mungkin tertutup debu, penuh dengan warna berbeda, dan terlihat berantakan. Anda mungkin sudah terbiasa dengan kondisi tersebut, tapi tumpukan kabel ini benar-benar membuat ruangan terlihat tidak teratur. Ada berbagai macam sistem manajemen kabel yang dapat bekerja dengan baik untuk menutupi kabel yang terlihat tersebut sehingga membuat ruang keluarga tampak jauh lebih rapi serta teratur.

4. Pastikan lantai tetap rapi dan bersih

Selanjutnya, pastikan juga lantai di ruang tamu dalam kondisi rapi dan bersih. Selain tidak banyak barang yang berserakan, ruang tamu juga harus dipel terlebih dahulu agar nyaman saat ditempati. Tak hanya itu, kalau perlu lapisi juga lantai ruang tamu dengan karpet tebal agar nyaman saat diduduki. Pada saat berkumpul biasanya akan banyak anak kecil. Dengan begitu keberadaan karpet ini juga penting untuk mencegah agar mereka tetap aman saat bermain.

5. Pencahayaan dan cat dinding

Selanjutnya pencahayan dan warna cat dinding menjadi elemen penting yang harus diperhatikan di ruang tamu. Pilihlah lampu dan warna cat yang terang sehingga ruangan terlihat luas. Dengan begitu, semua perabotan akan terlihat jelas dan aktivitas orang di ruang tamu pun menjadi lebih mudah.

6. Tambahkan elemen dekorasi 

Setelah ruang tamu rapih dan bersih, tak lupa tambahkan elemen dekorasi agar tampak lebih indah.  Anda bisa memasang lukisan atau pot bunga di beberapa sudut ruangan. Hal itu juga dapat membawa pengaruh positif bagi sekitar, seperti dilansir dari Kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *