23 Mei 2022

Rentfix – Meskipun angka kasus Covid-19 dilaporkan telah membaik belakangan ini, tetapi sebagian perusahaan masih menerapkan work from home (WFH). WFH memang membuat jam kerja menjadi lebih santai, tetapi cara kerja ini memiliki tantangan tersendiri, terlebih pada masalah produktivitas.

Salah satu cara untuk menjaga produktivitas kerja adalah dengan menata ruang kerja sesuai dengan ilmu fengsui. Fengsui adalah ilmu China kuno yang digunakan untuk menata bangunan, ruangan atau benda lainnya di dalam rumah.

Bahkan fengsui juga kerap dimanfaatkan untuk merancang tata kota. Sedangkan pemanfaatan fengsui pada ruang kerja bertujuan agar ruang kerja bisa menghubungkan penghuninya dengan jalan karir yang baik serta meningkatkan kehidupan kerja.

Penataan dengan metode fengsui ini bisa dilakukan baik pada ruang kerja baru atau ruang kerja lama yang ingin didekorasi ulang. Pertama adalah pastikan ruang kerja Anda di rumah memiliki meja khusus untuk kerja yang mewakili kestabilan karir.

Jika memungkinkan, letakkan meja kerja di ruang kerja yang terpisah dari kamar tidur untuk menghindari gangguan konsentrasi saat bekerja. Selain itu, meja kerja pada kamar tidur juga bisa membuat Anda lebih sulit untuk beristirahat pada malam hari.

Namun, apabila tidak memungkinkan, beri pembatas pada meja kerja dan tempat tidur dengan menggunakan rak buku atau tirai dan pastikan untuk merapikan semua perlengkapan kerja pada malam hari sebelum tidur. Selain itu, Anda juga harus memilih perabotan yang tepat.

Misalnya adalah dengan menggunakan meja dan kursi yang kokoh sebagai lambang stabilitas karir. Pastikan ukuran meja cukup besar untuk bekerja dengan nyaman.

Perlu diingat untuk menghindari meja dengan permukaan kaca karena bisa membuat ide menghilang dan proyek menjadi gagal. Berlaku sama pada kursi, pilihlah kursi yang dengan sandaran tinggi untuk memberikan dukungan dalam kehidupan karir Anda. Yang terpenting adalah pastikan kursi nyaman untuk diduduki.

Atau mungkin saatnya Anda berinvestasi pada kursi ergonomis yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan duduk penggunanya. Meskipun memiliki harga yang mahal, namun kursi jenis ini telah terbukti dapat meningkatkan kenyamanan bekerja seseorang seperti mengurangi nyeri punggung dan sendi hingga membuat Anda lebih produktif saat bekerja. 

Terakhir adalah dengan meletakkan meja kerja di posisi komando. Posisi komando memungkinkan Anda memantau orang lain yang akan masuk ke ruang kerja. Posisi meja kerja seharusnya bisa membuat Anda melihat ke pintu kamar tanpa sejajar langsung dengan pintu.

Tujuannya adalah agar Anda bisa lebih mengendalikan hidup dan karir karena dengan posisi tersebut, Anda bisa melihat apapun yang mungkin mendekat. Tidak hanya itu, apabila posisi ini tidak bisa direalisasikan, tempatkan cermin sehingga Anda bisa melihat pantulan pintu sambil duduk di meja kerja Anda, seperti Melansir The Spruce dan Kompas, Rabu (23/3/2022). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *