Perhatikan 6 Hal Ini, Jika Anda Ingin Liburan Akhir Tahun

Dipublikasikan oleh Didi Ariyanto pada

Rentfix-.com – Jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 banyak orang yang akan pergi meninggalkan rumahnya untuk mudik atau menghabiskan waktu di luar kota. Bahkan banyak yang mulai sibuk merencanakan agenda liburannya seperti mencari tujuan tempat berlibur hingga mempersiapkan barang-barang yang hendak dibawa.

Namun, karena kesibukannya itu, akhirnya banyak yang justru lupa mengondisikan rumah yang akan ditinggalkan dalam keadaaan aman. Kasus pencurian, atau pembobolan, dan kebakaran rumah kerap terjadi pada saat liburan panjang. Hal ini bisa terjadi, karena pemilik rumah lalai dan abai mengamankan rumahnya.

Untuk menghindainya, ada sejumlah tips mengamankan rumah Anda saat berlibur seperti dilansir dari Kompas.com:

1. Batalkan jasa pengiriman, dan layanan apapun

Batalkan semua jasa pengiriman dan layanan apa pun. Misalnya pengiriman barang, makanan, atau surat yang ditujukan ke alamat rumah Anda. Dengan membatalkan jasa pengiriman dan layanan tersebut artinya Anda telah mengamankan rumah terutama dari orang asing atau orang yang tak dikenal. Selain itu, meminimalisasi risiko barang yang Anda pesan itu hilang atau salah pengiriman.

2. Berkabar pada tetangga sebelah rumah

Bicaralah pada tetangga sebelah rumah Anda. Beritahu mereka bahwa Anda akan pergi berlibur ke luar kota. Dengan begitu tetangga dapat mengetahui ke mana Anda pergi. Hal itu sangat berguna untuk memberitahu informasi ketika ada seseorang atau tamu yang datang ke rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat meminta tetangga untuk mengabari ketika terjadi sesuatu di rumah. Misalnya korsleting listrik, kebakaran, dan atau banjir. Jika ternyata tetangga sebelah rumah juga akan berlibur, ada baiknya Anda informasikan ke pemerintah setempat seperti RT atau RW.

3. Pastikan kelistrikan di rumah dalam kondisi tak berfungsi

Sebelum berangkat, Anda juga perlu memastikan sejumlah aliran listrik di rumah termasuk barang-barang yang dialiri listrik seperti TV, Mesin Cuci, Komputer, dan yang lainnya. Kemudian Anda dapat mencopot semua kabel barang-barang elektronik tersebut yang masih terhubung dengan aliran listrik.

Hal ini penting agar kemungkinan terjadi korsleting bisa diantisipasi. Jika masih terdapat aliran listrik untuk kebutuhan penerangan agar rumah tetap menyala, pastikan kabelnya dalam kondisi masih bagus, tidak sobek tergigit tikus. Lalu, jika rumah Anda berada di lokasi banjir, kabel-kabel tersebut bisa dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi untuk mencegah korsleting listrik.

4. Pindahkan hewan peliharaan Anda

Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan semacamnya, maka tugas selanjutnya adalah memindahkan atau menitipkan hewan tersebut ke tempat penitipan. Tujuannya, agar hewan peliharan dapat dirawat dan diberi makan secara rutin. Namun jika tidak tega untuk menitipkan hewan itu ke orang lain, Anda dapat membawa hewan peliharaan ikut berlibur.

5. Gembok atau kunci rapat pintu rumah rapat-rapat

Jangan lupa untuk selalu mengunci rapat rumah Anda. Mulai dari pintu hingga jendela. Pastikan kunci atau amankan rumah Anda secara berlapis. Seperti mengunci gerbang halaman rumah, pintu rumah, pintu belakang rumah, dan kunci kamar. Lalu, bawalah kunci tersebut. Jika memiliki kunci cadangan, titipkan ke tetangga sebelah rumah.

6. Posisikan Anda tetap tinggal di rumah

Terakhir, Anda menyimpan informasi rencana berlibur. Tidak mengunggah rencana maupun aktivitas selama berlibur di media sosial.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *