fbpx

Selain Jamu, Madu dan Susu Juga Tingkatkan Imun Tubuh

0

Rentfix.com – Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi hal yang penting pada masa pandemi Covid-19. Ini menjadi upaya untuk mencegah penularan Covid-19, mengingat vaksin maupun obat belum tersedia.

Berbagai makanan sehat pun dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas, termasuk madu dan susu. Keduanya ternyata mengandung banyak vitamin dan protein (mikronutrien) yang baik bagi tubuh.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana Felecia Suganda, M.Kes, Sp.GK menjelaskan, madu mengandung mikronutrien yang tinggi yakni kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

Selain itu, dalam madu terdapat kandungan vitamin C, B2, B3, B5, B6, dan B9. “Sehingga dalam satu sendok makan madu pun, kita sudah mendapatkan berbagai mikronutrien,” ujar Diana dalam webinar RSPI: Gizi Baik untuk Meningkatkan Imunitas seperti dilansir dari Kompas.com, Rabu (10/6/2020).

Madu juga mengandung enzim glucose oxidase yang berperan melakukan penghambatan pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Tak cukup hanya itu, madu juga mengandung prebiotik fructo-oligosaccharide (FOS) yang menjadi makanan bagi para bakteri baik di saluran pencernaan.

Ini merupakan hal baik karena 70 persen sistem imun tubuh dipengaruhi kesehatan saluran pencernaan. Diana pun menyarankan untuk meminum satu hingga dua sendok madu per hari, di samping tetap menjaga pola makan gizi seimbang.

“Jadi silahkan Anda konsumsi untuk madu, tapi perhatikan bahwa madu tidak dikonsumsi untuk anak dibawah satu tahun,” katanya. Sementara susu menjadi sumber protein hewani yakni mengandung asam amino esensial. Protein ini baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi susu sebanyak 200-250 miligram per hari bagi orang dewasa. Jika bermasalah dengan lemak tubuh, kata Diana, Anda dapat mengonsumsi varian susu rendah lemak yakni skim milk atau low fat milk. “Tapi kalau enggak masalah dengan lemak tubuh atau berat badan masih baik, boleh konsumsi yang full cream,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *