5 Arsitek Asia Ciptakan Desain Rumah untuk Situasi Pandemi

Rentfix.com – Pandemi Covid-19 tidak selalu direspon sebagai wabah yang merugikan. Sejumlah arsitek yang tergabung dalam Komite Architects Regional Council Asia (Arcasia), Arsitek Muda (ACYA), dan Forum Arsitek Muda Yogyakarta (YYAF), justru menggelar kompetisi desain.

Kompetisi ini terbuka untuk para arsitek di bawah usia 41 tahun dan 21 negara Arcasia, serta para mahasiswa. Tema dari ACYA-YYAF #WFH Workshop 2020 adalah mendesain rumah impian yang merespon situasi pandemi.

Ketua Panitia Pelaksana ACYA-YYAF Design Challenge Denny Setiawan mengatakan secara total, kompetisi ini telah menerima 186 karya yang diterima dari total 10 negara.

Sebanyak 109 karya di antaranya berasal dari arsitek profesional dan 77 karya mahasiswa. Negara-negara yang terlibat yakni India, Bangladesh, China, Suriah, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

“Kami tak menyangka kompetisi tanpa hadiah ini disambut dengan sangat baik oleh para arsitek di Asia. Hal ini membuktikan, para arsitek ingin menyumbangkan sumbangsihnya di tengah pandemi dengan ide dengan cara mereka sesuai keilmuannya,” tutur Denny seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa (26/5/2020).

Berdasarkan total jumlah karya yang masuk, panitia ACYA-YYAF Design Challenge telah memilih lima gran finalis terbaik, 10 finalis terbaik, dan 25 terbaik masing masing dari golongan profesional maupun mahasiswa.

Ketua ACYA 2019-2020 Ridha Razak mengatakan, para juri telah memilih lima desain terbaik berdasarkan konsep yang digunakan peserta dalam menghadapi pandemi terkait dengan gaya hidup sehat, perumahan mandiri, dan kehidupan bahagia.

“Lima finalis menggambarkan tematik yang berbeda dengan tema fleksibel, perencanaan futuristik, sesuai dengan kondisi kehidupan, menyediakan ruang yang seimbang, dan tidak melupakan keindahan,” ujar Ridha dikutip Kompas.com  dari The Star, Selasa (26/5/2020).

Ridha berharap, semua desain yang diajukan dapat menginspirasi masyarakat di seluruh dunia dengan ide-ide baru untuk memperbaiki rumah mereka sebagai solusi beradaptasi dengan pandemi pada masa depan. Berikut lima terbaik ACYA-YYAF Design Challenge: Juara pertama: Vinsensius Gilrandy Santoso dan Sri Rahma Apriliyanthi dari Indonesia dengan karya Ati Desa.

Juara kedua dari Malaysia dengan karya yang berjudul Spacey Flex House oleh Veronica Tan Yen Ching. Juara ketiga ketiga yakni peserta yang berasal dari India bernama Adish Patni dengan karyanya yang berjudul House Humane.

Juara keempat berasal dari Malaysia yakni bernama Rien Tan Kwon Chong dan Howie Lam Chee Hau dengan karya yang berjudul Wanderlust. Kelima terbaik diraih oleh peserta dari Filipina bernama Jerica Rivera dan Almer Viado dengan karyanya yang berjudul Rumah Terrasafe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *