12 Agustus 2022

Rentfix – Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) merupakan komponen yang melekat bagi penghuni perumahan maupun apartemen. IPL ditentukan atas kesepakatan seluruh penghuni.

Berdasarkan biaya yang dikeluarkan untuk mengelola lingkungan hunian tersebut. Tujuannya tentu demi kebaikan bersama. Agar hunian beserta lingkungan yang ditinggali tetap bersih, terawat, dan nyaman.

Meski memiliki tujuan yang sama, IPL perumahan dengan apartemen itu berbeda. Seperti halnya komponen yang menjadi acuan penghitungan biayanya. “Ya semua komponen IPL sama, yang membedakan tingkat kompleksitasnya,” ujar Praktisi Properti sekaligus Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya seperti dilansir dari Kompas.com, Minggu (31/07/2022).

Misalnya untuk IPL perumahan, komponennya meliputi biaya security, kebersihan, hingga pengelolaan sampah seluruh penghuni.

Setiap kompleks perumahan penghitungan biayanya pun berbeda-beda, tergantung luas kompleks dan jumlah rumahnya.

Sementara untuk apartemen ada divisi khusus engineering. Karena ada lift, kolam renang, sistem electricity yang lebih kompleks, dan tenant relation. “Karena umumnya apartemen juga di sewakan, atau difungsikan sebagai servis apartemen,” imbuhnya.

Selain IPL, sebenarnya ada 1 komponen lagi untuk apartemen. Yaitu sinking fund atau dana cadangan, digunakan untuk kebutuhan perbaikan. “Di luar biaya rutin gaji (satpam hingga petugas kebersihan lingkungan) dan biaya operasional sehari-hari,” pungkas Bambang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *