23 Mei 2022

Rentfix – Suatu rumah harus terus dijaga kualitas bangunannya agar tetap layak huni. Sehingga kenyamanan hingga keamanan penghuni rumah tetap terpenuhi.

Bila tidak, komponen bangunan akan rusak seiring berjalannya waktu. Apalagi jika dibiarkan, dikhawatirkan bakal mengancam keamanan penghuni rumah. Untuk itu, merawat bangunan rumah menjadi aspek penting.

Perawatan dilakukan agar umur pakai bangunan dapat lebih lama dan nilai kelayakannya bisa terjaga. Mengutip informasi dari unggahan Instagram National Affordable Housing Program (NAHP) Kementerian PUPR, perawatan bangunan ada beberapa tahap yaitu:

Perawatan Rutin

Perawatan rutin adalah perawatan yang dilakukan minimal setiap hari, terutama terhadap komponen rumah yang digunakan setiap hari dan sudah diperbaiki.

Seperti lantai rumah, kamar mandi atau WC, dapur. Komponen tersebut harus dijaga kebersihannya agar tidak kembali menjadi faktor penilaian tidak layak huni.

Perawatan Berkala

Perawatan berkala adalah perawatan yang dilakukan terhadap komponen rumah yang telah diperbaiki dalam jangka waktu tertentu.

– Perawatan 1 minggu atau 2 minggu sekali dilakukan terhadap komponen jendela kaca, pembersihan bak mandi, perawatan kosen dan daun pintu kamar mandi/WC, pembersihan saluran buangan dapur atau dari kamar mandi.

– Perawatan antara waktu 1 bulan atau 3 bulan sekali dilakukan terhadap engsel jendela dan pintu, pembersihan lubang ventilasi, pengecekan terhadap penutup atap, (genteng, seng, asbes dan lain-lain) terutama pada bagian kerpus atau bagian yang di semen.

– Perawatan yang dilakukan antara waktu 6 bulan atau 1 tahun sekali adalah keretakan pada dinding batu atau batako, dinding papan atau kayu atau dinding bambu.

– Perawatan dinding bata atau batako dilakukan dengan pengecatan begitu juga dengan dinding dari papan atau dinding bambu dapat dilakukan dengan pengecatan atau vernis. Untuk dinding kayu, sebaiknya menggunakan cat anti rayap.

– Menjauhkan akar tanaman atau pohon dari pondasi serta merawat drainase yang berdekatan dengan pondasi.

Perawatan Insidentil

Perawatan insidentil adalah perawatan yang dilakukan terhadap komponen bangunan yang terjadi kerusakan karena sesuatu hal. Misalnya keretakan pada bagian pertemuan atau sambungan komponen lama dengan komponen baru.

Atau sambungan konstruksi dari bahan bangunan yang berbeda. Selain itu juga kerusakan bagian pondasi karena ada penurunan tanah atau sedikit longsor, seperti dilansir dari Kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *