25 Juni 2022

Rentfix – Dewasa ini, mobilitas kita terbatas di masa situasi pandemi yang telah melanda kita beberapa tahun terakhir. Hal itu membuat kita mengurangi dan membatasi kegiatan sosial baik ketika kita ingin berpergiaan maupun dari tempat tinggal menuju tempat bekerja.

Di masa pandemi ini kita harus beradaptasi menyesuaikan kebiasaan baru seperti mencari dan mengintegrasikan tempat tinggal dan tempat bekerja dalam satu tempat yang sama. Menjawab hal itu, keberadaan tempat untuk menunjang kegiatan tersebut sangat dibutuhkan.

Hadirnya coworking, coliving, dan coretail pada satu tempat yang sama menjadi kebutuhan yang dapat menunjang di masa pandemi. Ditambah jika segala sesuatunya dapat diakses melalui aplikasi ponsel sehingga mengurangi tatap muka dan sentuhan. Hidup menjadi praktis dan aman.

brown wooden table and chairs

Untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan tersebut, Rentfix sebagai platform sewa menyewa properti menyediakan coworking space yang dapat dijadikan sebagai ruang kerja, tempat tinggal, kantor bersama antar individu atau perusahaan yang memiliki latar belakang yang berbeda.

Konsep coworking space tersebut dapat ditemukan di Rentfix melalui Mitra Twospace yang mengedepankan sistem sharing atau berbagi, sehingga dapat terjadi kolaborasi antar sesama komunitas. Selain itu, dari sisi keuangan, perusahaan dan individu dapat menghemat pengeluaran untuk ruang kerja dan dapat dialokasikan untuk keperluan lainnya.

brown wooden table and chairs

Perusahaan tidak perlu memikirkan uang sewa yang begitu tinggi seperti di gedung bertingkat, tidak perlu memikirkan penyediaan furniture ruang kantor, metode pembayaran secara bulanan, hingga layanan lainnya seperti jaringan internet dan tidak memusingkan office boy. Bahkan biasanya coworking space memiliki layanan ekstra seperti air mineral, kopi, layanan kurir dan lainnya

Ruang coworking space memiliki konsep ruang yang terbuka untuk siapapun yang ingin menyewa sehingga setiap meja yang tersedia dapat dimaksimalkan dengan baik. Ruang kantor dengan konsep seperti ini sangat cocok untuk perusahaan yang baru memulai dan masih memiliki tim yang belum besar seperti Startup.

Selain itu, coworking space juga sangat tepat dimanfaatkan untuk para individu yang berprofesi sebagai freelancer. Di tengah perubahan gaya bekerja sebagai dampak pandemi Covid-19, banyak perusahaan multinasional yang mapan mulai melirik coworking bukan hanya karena fleksibilitasnya namun juga dalam kemampuannya menerapkan konsep satellite office.

brown wooden table and chairs

Coworking space tidak hanya menyediakan ruang kerja, tetapi juga disediakan ruang dengan fungsi lain seperti ruang meeting yang dapat Anda sewa untuk bertemu dengan klien penting ataupun untuk rapat internal perusahaan. Selain itu, bagi perusahaan Anda yang ingin membuat sebuah acara privat juga dapat dilakukan di coworking space karena tersedia juga ruang event.

Coliving space adalah tempat tinggal dengan fasilitas bersama yang lengkap. Pada fasilitas bersama ini, para penghuninya dimungkinkan untuk menjalin komunikasi, network, dan kolaborasi. Berbeda dengan kamar kos pada umumnya, coliving memiliki konsep desain yang lebih kuat dan modern serta berbagai fasilitas penunjang yang lebih lengkap. Lebih dari sekedar kamar kos, coliving dikelola secara lebih profesional dan dengan protokol kesehatan yang lebih terjamin, layaknya tinggal di hotel.

Coretail adalah ruang retail yang menjadi fasilitas penunjang dan berbagi dengan fungsi lain seperti coworking dan coliving. Ruang retail modern telah bertransformasi menjadi sebuah sistem kompleks yang bukan saja menawarkan tempat secara fisik namun juga secara digital.

Kendati pasar digital dianggap menjadi kebutuhan utama ruang retail, sebenarnya ruang secara fisik tetap tidak dapat tergantikan. Yang harus disesuaikan adalah model bisnisnya yang kian bergerak ke arah online to offline (O2O), artinya pelanggan melihat produk di pasar digital namun bertransaksinya tetap di ruang retail secara fisik. Konsep baru dengan transformasi digital adalah kunci bagi retailer untuk bersaing saat ini, tanpa meninggalkan kebutuhan ruang retail secara fisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *