Musim Hujan Tiba, Cegah Atap Rumah Bocor dengan Langkah Efektif Ini

Rentfix.com – Memasuki Bulan Agustus, cuaca di wilayah Jakarta dan sekitarnya kerap tak menentu. Kadang terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi, namun juga diikuti dengan cuaca yang sangat panas sejak siang hingga sore hari. Salah satu masalah yang kerap terjadi jika curah hujan tinggi adalah atap rumah bocor.

Sebelum kebocoran atap terjadi, Anda perlu mengetahui langkah-langkah taktis yang harus dilakukan. Seperti dilansir dari Kompas.com, berikut ini cara mencegah kebocoran atap saat musim hujan.

1. Periksa atap rumah secara berkala

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah kebocoran rumah akibat hujan deras adalah dengan memeriksa atap rumah secara berkala.

Dengan sering mengecek kondisi atap rumah, Anda dapat mengetahui seperti apa kondisi sebenarnya. Jika sudah mengetahui atap rumah telah rapuh atau lapuk, Anda harus segera menggantinya.

Pastikan atap rumah Anda selalu dalam keadaan yang kuat dan kokoh sehingga dapat meminimalisasi terjadinya kebocoran berulang.

2. Perhatikan kemiringan atap

Selain mengecek keadaan atap secara berkala, Anda juga perlu untuk mengecek kemiringan atap. Idealnya, kemiringan atap harus mencapai setidaknya antara 25-40 derajat. 

Dengan mengetahui kemiringan yang sesuai, atap rumah Anda dapat menangkal air hujan secara tepat. Sehingga, kebocoran pun takkan pernah terjadi.

3. Periksa talang air

Kebocoran di rumah tak hanya disebabkan atap rumah, air juga bisa merembes ke dinding melalui talang air. Untuk itu, Anda perlu memeriksa talang air. Karena, talang air yang kotor dan tertimbun banyak sampah akan menghambat jalannya air.

4. Pangkas pohon yang mudah tumbang

Jika Anda memiliki pohon tinggi dan bercabang-cabang besar di dekat rumah, sebaiknya pangkas pohon tersebut. Pohon besar dengan cabang-cabang besar berpotensi mudah tumbang ketika musim hujan tiba.

Dengan banyaknya cabang pada pohon ini dapat mengakibatkan atap rumah rusak dan berpotensi mengalami kebocoran. Penting bagi Anda untuk memperhatikan hal itu untuk terhindar dari kebocoran atap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *