Teknologi Properti (Proptech), Kunci Pengembangan Bisnis Properti Masa Depan

Bisnis properti adalah bisnis yang tidak saja mengandalkan data dan update informasi semata, tapi ke depan bisnis properti sudah harus mengakomodir perkembangan teknologi yang sedang berkembang. Kenapa, karena masa depan adalah masa dimana teknologi akan menjadi salah satu cara untuk membuat bisnis properti menjadi lebih menarik.

Setidaknya itulah yang pada akhirnyabisa dilihat dari apa yang diutarakan oleh George Thomas, Chief Information Officer , JLL Asia Pacific. Dalam paparannya George mengatakan “ Semakin banyak investor,pengembang dan pemilik lahan yang sudah mulai memanfaatkan layanan proptech dalam menjalankan bisnisnya. Sehingga jika pelaku properti tidak bisa mengikuti tren yang sedang terjadi, maka bisa jadi mereka akan ditinggalkan oleh pebisnis properti lainnya.”

Dari apa yang di utarakan George diatas, pada akhirnya kita bisa menyatakan bahwa kemajuan teknologi memang akan mengubah pola bisnis dari properti dimasa kini dan mendatang. Tinggal masalahnya kini adalah, sejauh mana pelaku mampu memainkan peranan kemajuan teknologi dengan model aplikasi yang ada bisa memaksimalkan bisnis properti yang menjadi andalan mereka. Karena tanpa adanya kreatifitas dan inovasi dalam hal kemajuan teknologi pun media ini tidak akan bisa berguna secara maksimal.

Itulah tren yang saat ini sedang terjadi dalam bisnis properti di dunia. Setidaknya, dari apa yang di jelaskan oleh George Thomas, bahwa penggunaan teknologi memang telah lama menjadi pembeda dalam industri real estat. Dimana keberadaan teknologi tersebut telah dimanfaatkan oleh pengembang dan pengelola aset properti dalam mengembangkan bisnis yang sedang mereka jalankan. Sejatinya memang peran teknologi, jika di manfaatkan secara maksimal bisa memberikan dampak positif yang luar biasa bagi pelakunya.

Ambil contoh apa yang dilakukan oleh Rentfix, sebuah konsep yang memfokuskan dirinya dalam bisnis properti di sektor sewa menyewa properti. Jika cara konvensional digunakan oleh Rentfix, maka akan ada berapa banyak jumlah marketing yang akan di recruit guna memasarkan proyek-proyek properti. Namun dengan aplikasi Rentfix yang saat ini sedang dikembangkan menjadi matketplace khusus dibidang sewa menyewa properti, perusahaan tidak saja diuntungkan karena bisa memasarkan proyeknya hingga ke seluruh dunia, namun juga akan lebih mudah memproses permintaan, pemesanan dan pembayaran booking fee dari para klien yang ada di dalam maupun luar negeri. Inilah salah satu manfaat teknologi bagi perkembangan dan pengembangan bisnis properti masa depan.

Pada akhirnya memang kemajuan teknologi akan merubah pola kerja dan pola tindak dari pelaku di sektor properti. Karena keuntungan dan keunggulan yang akan di dapat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi itu sendiri seperti yang disampaikan oleh George Thomas sebagai berikut :

  1. Kemajuan teknologi akan meningkatkan efisiensi dan keuntungan bagi perusahaan sehingga hasilnya bisa lebih optimal.
  2. Kemajuan teknologi bisa mengubah metode dan teknik pemasaran dan promosi sehingga bisa lebih global dibanding cara yang bersifat konvensional.
  3. Kemajuan teknologi pada akhirnya akan membuat bisnis properti tanpa jarak, dan tanpa batasan waktu kerja karena selama teknologinya bekerja dengan baik, maka bisnis bisa di jalankan selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *