Trend 5 Teknologi di Sektor Properti

Sektor real estate memang lebih tahan terhadap perubahan teknologi daripada industri lain. Namun, teknologi ternyata bisa membantu sebuah perusahaan properti untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Maka dari itu, mulai banyak teknologi baru yang dimanfaatkan oleh para pengusaha dan pemilik real estate, seperti aplikasi smart building dan portal analisa pencarian building.

Berdasarkan kutipan dari beberapa media online, perkembangan trend sektor properti sekarang ada lima teknologi yang kerap digunakan oleh pelaku usaha di bidang properti.

  1. Internet of things

Internet of Things (IoT) adalah konsep pemanfaatan koneksi internet yang tersambung terus-menerus. Konsep ini sekarang mulai diterapkan pada rumah, seperti sensor cerdas dan aplikasi terintegrasi. Di masa depan, jika rumah bermasalah, penghuni hanya mengirim sinyal pemberitahuan sehingga tidak perlu repot-repot memanggil teknisi.

  1. Analisis prediktif

Kini, investor bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada bisnis real estate ke depannya. Dengan analisis ini, para profesonal bisa memutuskan dengan bijak, investasi apa yang akan mereka ambil berikutnya. Menganalisis berbagai informasi, baik tren kerja, pola demografi, dan biaya modal broker, tentu akan memberikan banyak keuntungan.

  1. Perbandingan pasar secara real time

Dengan teknologi ini, investor dengan mudah bisa melacak pesaing bisnis serta mengetahui aset yang belum diketahui dan laporan pasar secara real time. Tren bisnis masa depan pun bisa dilihat dari perbandingan pasar secara real time. Di Rentfix, para users bisa dengan mudah membandingkan harga sewa, fasilitas dan keunggulan lainnya.

  1. Jaringan untuk ruang kantor dan tempat usaha

Dulu, penggunaan ruang kantor kerap tidak efisien. Pengguna kerap menyewa ruangan secara penuh, padahal jumlah karyawannya hanya 2-3 orang. Kini, ada teknologi untuk menyediakan ruangan kantor yang fleksibel. Dengan teknologi ini, orang bisa menyewa ruangan kerja per jam atau per minggu. Solusi ini dinilai menguntungkan kedua belah pihak, baik penyewa maupun yang menyewakan. Inilah salah satu keunggulan yang bisa dicapai dengan Rentfix.

  1. Kecerdasan buatan

Mesin yang bisa memberikan data atau ramalan bisnis dengan cepat. Teknologi ini tentu akan membantu seluruh proses penjualan. Agen yang berpengalaman akan memiliki data secara mudah untuk membuat asumsi tentang klien dan pasar. Dengan begitu, mereka bisa tahu kapan waktu terbaik untuk menghubungi pelanggan mereka.

Semoga sektor properti di Indonesia juga dapat memanfaatkan teknologi digital untuk lebih maju dan berkembang.