5 Tips Mudik, Rumah Tetap Aman

Sahabat Rentfix, Hari Raya Idul Fitri tinggal hitungan hari. Bagi Sahabat Rentfix, yang hendak mudik lebaran dengan meninggalkan rumah menuju kampung halaman perlu melakukan pencegahan dari tindak kejahatan untuk menjaga agar rumah tetap aman.

Berikut 5 tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran:

1.Patikan Rumah Terkunci Rapat

Sahabat Rentfix, mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dilakukan saat akan meninggalkan rumah. Pintu dan jendela adalah jalan utama masuknya pencuri. Jadi, jangan sampai kamu lupa mengunci semua pintu dan jendelamu.

2. Cabut Listrik dan Cabut Gas

Korsleting listrik seringkali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Sebelum kamu pergi, periksa dan matikan semua perangkat elektronik yang ada di rumahmu. Setelah itu, cabut semua colokan yang masih terpasang di stop kontak serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

3. Matikan Saluran Utama

Mematikan saluran air bertujuan untuk memastikan keranmu tidak mengalir sehingga air terbuang dengan sia-sia.

4. Simpan Barang Berharga di Brankas

Kamu akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Maka sebaiknya simpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat yang penting atau uangmu di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box jika kamu punya. Lalu bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya selagi kamu meninggalkan rumah.

5. Pasang Kamera CCTV

Sahabat Rentfix, untuk menambah keamanan, kamu bisa memasang kamera CCTV di beberapa bagian rumah seperti di halaman, garasi, kamar dan ruang tamu.

Semoga kelima tips di atas dapat bermanfaat untuk kamu lakukan sebelum berangkat mudik ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *